Fornas, Momen UMKM Raup Keuntungan

Fornas, Momen UMKM Raup Keuntungan

Ernilia Rizar. Foto: m naba anwar sumeks.co--

SUMEKS.CO, PALEMBANG - Sebanyak 70 lebih Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) di Sumsel akan berkontribusi dalam pelaksanaan Festival Olahraga Rekreasi  Nasional (Fornas) VI.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Sumatera Sumsel Ernila Rizar ketika diwawancarai usai rapat teknis (technical meeting) keikutsertaan IKM/UKM pada kegiatan Fornas VI di Graha Bina Praja (auditorium) Pemprov Sumsel, Selasa (28/6) sore.

"Kita membahas penempatan dan pemetaan agar bisa UMKM maupun IKM dapat berkontribusi dalam Fornas VI, sehingga perekonomian membaik," kata Emilia Rizar.

Dijelaskannya, sesuai arahan Gubernur Sumsel H Herman Deru bahwa target Fornas VI yaitu sukses prestasi, sukses pelaksanaan, dan sukses pemberdayaan ekonomi.

"Jangan sampai UMKM ini hanya nonton, karena Pemprov telah memberi tempat gratis untuk mereka dapat berjualan," jelasnya.

Ernila menuturkan bahwa 12.000 tamu yang akan datang ini dapat dimanfaatkan dengan mempromosikan produk-produk unggulan Sumsel.

"Tempat UMKM berjualan disediakan di 7 mal seperti PS Mal, PTC, OPI dan lain sebagainya, untuk hunian tersedia 31 tempat untuk mereka berjualan," tuturnya.

Lanjut Ernila, UMKM atau IKM yang ikut berkontribusi dari tiga bidang yakni sandang, pangan, dan kerajinan.

"Sekitar 70 UMKM yang telah terdaftar, ini sistemnya siapa cepat dia dapat, tentunya yang berminat saja kemudian kami juga perhatikan produknya," ucapnya.

Masih Ernila, UMKM yang berjualan di mal atau hunian akan mengikuti jam operasional tempat tersebut.

"Harapannya semoga UMKM berjualan dengan baik dan sukses pemberdayaan ekonomi," tukasnya. (mg01)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: