WhatsApp Cloud API, Inovasi Terbaru Berbisnis di Media Sosial

WhatsApp Cloud API, Inovasi Terbaru Berbisnis di Media Sosial

--

SUMEKS.CO - WhatsApp Business kini menghadirkan layanan terbarunya yaitu WhatsApp Cloud API. Fitur baru ini diluncurkan oleh Mark Zuckerberg CEO Meta. WhatsApp Cloud API merupakan versi komputasi awan atau cloud dari WhatsApp Business API yang dapat menunjang semua skala bisnis mulai dari bisnis mikro dan tersedia secara gratis. WhatsApp Cloud API bertujuan untuk menarik pasar bisnis mikro serta mengurangi waktu integrasi layanan dari beberapa pekan hingga menjadi beberapa menit saja.

"Hanya dengan beberapa menit saja, pelaku bisnis dapat dengan mudah mengakses layanan WhatsApp Cloud API dengan fitur yang dapat disesuaikan, sehingga mempercepat waktu respons dan komunikasi ke pelanggan" Kata Mark Zuckerberg

Adapun yang membedakan dengan WhatsApp Business API yakni WhatsApp API melibatkan pihak ketiga untuk menyediakan server atau fasilitas penyimpanan guna menunjang komunikasi bisnis dengan pelanggan pada skala bisnis menengah hingga besar.

WhatsApp (WA) kini menjadi platform yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, sehingga banyak bisnis yang memanfaatkan WhatsApp API sebagai media pemasaran dan promosi. WhatsApp Business API adalah platform yang dapat digunakan oleh bisnis untuk melakukan interaksi dengan pelanggan dalam skala besar serta dapat diintegrasikan dengan aplikasi lain seperti CRM dan Omnichannel.

Pemasaran lewat sosial media juga lebih mudah diakses, hemat biaya serta memberikan jangkauan yang lebih luas. Kegiatan layanan pelanggan juga perlahan mulai berpindah dari telepon langsung menjadi menggunakan pesan singkat (chat).

“WhatsApp Business memiliki peran penting dalam pemasaran yakni menarik perhatian pelanggan. Sehingga wajar jika WhatsApp API dinilai cukup efektif untuk meningkatkan penjualan, pemasaran, hingga pelayanan pelanggan” ujar Brendan, SVP Growth Marketing Mekari.

Untuk meningkatkan pelayanan dan mempermudah kegiatan bisnis melalui WhatsApp API ini, diperlukan sistem aplikasi yang dapat mengintegrasikan berbagai saluran media sosial ke dalam satu aplikasi. Sistem ini disebut dengan Omnichannel CRM (Customer Relationship Management).

Aplikasi omnichannel CRM Mekari Qontak mengintegrasikan berbagai media sosial maupun email kedalam satu aplikasi sehingga membantu agen customer service atau pelaku bisnis bekerja lebih terkoordinasi. Mekari Qontak merupakan perusahaan Omnichannel CRM nomor 1 di Indonesia yang juga merupakan Mitra Bisnis Resmi dari WhatsApp Business API

Lalu apa saja keuntungan dari WhatsApp Business API?

  1. Hanya dengan satu akun bisnis bisa menangani pelanggan sekaligus hanya dengan satu nomor WhatsApp (WhatsApp multiple device)
  2. Kirim Broadcast WhatsApp secara cepat, tanpa limitasi, dan otomatis
  3. Kirim pesan WhatsApp blast tanpa takut terblokir
  4. Integrasi dengan sistem CRM yang mampu meningkatkan pengalaman pelanggan
  5. Dilengkapi Chatbot untuk merespon dan membalas pesan pelanggan secara otomatis
  6. Mendapatkan centang hijau WhatsApp sehingga terverifikasi resmi dan meningkatkan kredibilitas di mata pelanggan
  7. Keamanan yang terjamin karena dilengkapi dengan sistem enkripsi end-to-end yang menjaga kerahasiaan data pengguna WhatsApp serta tersertifikasi ISO 27001

Lebih dari 3000 bisnis termasuk Ajinomoto, Glints Indonesia, Telkom Indonesia, iPot Sekuritas, serta Alodokter sudah mempercayakan bisnisnya pada Mekari Qontak. Otomatisasikan bisnismu bersama Mekari Qontak sebelum ketinggalan. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi tim Mekari Qontak melalui website Qontak.com dan dapatkan akun demo gratis!.(ril/dod)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: