Vaksinasi PMK, Askolani Turun Langsung

Vaksinasi PMK, Askolani Turun Langsung

Bupati Banyuasin H Askolani SH saat pemberian vaksin PMK di Sembawa.-sumeks.co-

SUMEKS.CO, BANYUASIN - Bupati Banyuasin H Askolani SH secara simbolis melakukan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada ternak sapi Desa Lalang Sembawa, Kecamatan Sembawa, Banyuasin. 

Askolani didampingi Kapolres Banyuasin AKBP Imam Syafii Sik, Kepala Kejaksaan Negeri Banyuasin Budi Herman serta tamu undangan lainnya. 

"Kita harapkan dengan vaksinasi ini, dapat mencegah penyebaran penyakit Mulut dan Kuku pada hewan ternak seperti sapi," kata Askolani didampingi Kepala Disbunak Banyuasin Edil Fitriadi SP MSi 

Kabupaten Banyuasin sendiri pada tahap awal menerima 1.400 vaksinasi PMK ini, dan kedepannya akan ada tambahan vaksinasi PMK. "Itu untuk tahap awal, " jelasnya. 

BACA JUGA:Askolani Ajak BPK Sumsel Gowes di New Zeland Versi Lokal

Askolani menambahkan kalau Banyuasin ini merupakan Kabupaten/kota pertama di Sumsel yang melaksanakan vaksinasi PMK. "Kita perdana, " ungkapnya. Diharapkan dengan vaksinasi PMK ini, di Kabupaten Banyuasin tidak ada ditemukan PMK. "Alhamdulilah sampai saat ini aman, " jelasnya. 

Lebih lanjut Askolani meminta kepada peternak hewan kurban untuk dapat menjaga kebersihan kandang, sehingga dapat antisipasi penyebaran PMK. "Jaga kebersihan kandang dan lingkungan sekitar, " tegasnya. 

BACA JUGA:Bupati Askolani Terima Naskah Hibah Aset BMN

Ditambahkan Warsi Kabid Peternakan Banyuasin kalau untuk alokasi vaksin PMK di Banyuasin sekitar 1.400, itu diperuntukan untuk tiga titik terlebih dahulu. "Nantinya jika ada alokasi tambahan, akan kembali divaksin lagi tempat lain, " tukasnya. 

Warsi menambahkan jika ditemukan gejala PMK, pihaknya akan langsung melakukan penanganan untuk mencegah agar tidak kembali menyebar.

BACA JUGA:Askolani: Rencana Kerja Titik Tentu Realisasi Banyuasin Bangkit

Dengan mendapatkan penanganan oleh dokter hewan berupa pemberian vitamin dan antibiotik, serta pemberian desinfektan pada kandang. " Tentunya mengisolasi sapi yang sakit, "tegasnya.(qda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: