Gotong Royong Bersihkan Sampah Banjir Bandang

Gotong Royong Bersihkan Sampah Banjir Bandang

GOTONG ROYONG : Tim gabungan Kabupaten Muara Enim bersama masyarakat mulai melakukan pembersihan sampah dilokasi pemukiman warga yang terkena banjir bandang.--

SUMEKS.CO- MUARA ENIM - Usai diterjang banjir bandang, tim gabungan Kabupaten MUARA ENIM bersama masyarakat mulai melakukan pembersihan sampah dilokasi pemukiman warga yang terkena banjir bandang.

“Hari ini, kita lakukan pembersihan sampah sambil terus melakukan pemantauan,” ujar Kepala BPBD Muara Enim H Abdul Rozieq Putra ST MT, Senin (27/6).

Menurutnya, tim gabungan yakni BPBD, TNI, Polri dan intansi terkait serta masyarakat melakukan pembersihan sampah baik di sekitar pemukiman warga maupun anak sungai maupun selokan terutama yang berpotensi akan menyumbat dan mengakibatkan banjir lagi. “Kita sudah minta bantuan mobil sampah untuk mengangkut sampah yang kita beraohkan,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga menyiapkan peralatan dan perahu karet untuk mengantisipasi jika terjadi kembali banjir di posko banjir yang tidak jauh dari lokasi titik-titik banjir.

Untuk itu, kata dia, pihaknya mengharapkan adanya kerjasama semua pihak dalam mengatasi kebersihan dan sampah. Kepada masyarakat atau perusahaan untuk tidak lagi membuang sampah sembarangan terutama ke sungai karena selain akan mengotori dan mencemari lingkungan juga akan menjadi penyumbat dan terjadinya banjir. 

“Ketika ada sampah, untuk sama-sama membersihkannya dengan kesadaran sendiri sehingga kedepan akan tercipta lingkungan yang bersih dan sehat,” imbuhnya.(ozi)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: