Macan Muncul di Kebun Karet, Warga Resah

Macan Muncul di Kebun Karet, Warga Resah

Macan muncul di kebun karet warga Dusun V, Desa Sukamenang, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Musi Rawas Utara. Foto : tangkapan layar--

SUMEKS.CO, MURATARA - Warga di Dusun V, Desa Sukamenang, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), resah. 

 

Yopi, warga Desa Sukamenang, menuturkan pernah melihat seekor macan masuk ke kebun karet milik warga di lokasi Lingkar Tambang. 

 

Kala itu, Yopi bersama rekan-rekannya mendadak stop karena bertemu langsung dengan macan dahan. Ciri-cirinya, panjang sekitar satu meter, memiliki bulu berwarna kelabu kecoklatan dengan gambaran seperti awan dan bintik hitam di tubuh. 

 

"Macan itu becaknyo sakit, jalannyo pincang. Sudah tigo hari ini warga Kami jingok terus macan itu muncul di kebun warga, sekitar  satu kilometer dari permukiman dusun V," katanya.

 

BACA JUGA:Temui Warga Nibung, Pernyataan Bupati Muratara Bikin Terharu

 

Yopi mengaku, sempat secara langsung merekam vidio macan tersebut dengan durasi 49 detik. Saat warga menghampiri, macan itu terlihat menghindar dari jangkauan. 

 

"Tapi takut jugo agek masuk ke kampung laju boleh hal, kalau biso ado pihak terkait yang biso nangani masalah satwa liar itu. Supayo warga Kami idak resah," harapnya. 

 

Terpisah, Kepala BKSDA Provinsi Sumsel Ujang Wisnu, mengungkapkan memperhatikan sekilas vidio macan itu, kemungkinan hewan itu jenis macan dahan. Sasaran buruannya, jenis unggas. 

 

"Mengingat sifatnya arboreal, maka yang menjadi makanannya bisa jenis primata dan mamalia kecil. Ukuran satwa tersebut sebesar kambing. tidak ada sejarah atau catatan perilaku (Macan Dahan, red) memangsa ternak apalagi manusia," jelasnya. 

 

Pihaknya, lanjut Ujang, sudah melakukan komunikasi dengan BKSDA Lahat yang membawahi wilayah Muratara, untuk melakukan tindakan selanjutnya. 

 

Sementara itu, BKSDA Lahat Martialis Puspito yang sempat dihubungi, pihaknya akan melakukan penelusuran informasi dan akan segera turun tangan.

 

"Saya lihat di vidio macanya jenis macan dahan dan terlihat sakit. Saya akan komunikasi lebih lanjut untuk mengetahui informasi keberadaan macan tersebut," tutupnya.(cj13)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: