Perusahaan Perkebunan Upgrade Tim Pemadaman Kebakaran

Perusahaan Perkebunan Upgrade Tim Pemadaman Kebakaran

Personil perusahaan PT Tempirai Palm Resources melakukan simulasi pemadaman karhutla, di halaman perusahaan, Minggu (26/6). Foto: Istimewa--

SUMEKS. CO, KAYUAGUNG – Perusahaan perkebunan di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) upgrade kemampuan tim pemadam kebakaran sebagai antisipasi jika terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

"Sebentar lagi sudah memasuki musim kemarau, meskipun hujan sekarang masih sering turun. Sehingga regu perusahaan Kita mulai bersiap cara pencegahan dan penanggulangan Karhutla dengan simulasi pemadaman hari ini," kata Hery Ahmad Simamora, karyawan PT Tempirai Palm Resources, kepada Sumeks. Co, Sabtu (26/6).

Simulasi yang digelar di halaman kantor PT Tempirai Palm Resources itu diikuti tiga regu dengan jumlah 45 orang. Sebelumnya sejumlah personil ini telah mendapatkan pelatihan di kantor Manggala Agni OKI.

BACA JUGA:Bus CJH Asal Merangin Kecelakaan

“Personil ini tergabung dalam Regu Pemadam Kebakaran (RPK) yang telah mengikuti pelatihan cara penanggulangan Karhutla oleh Manggala Agni. Hari ini diingatkan kembali agar lebih faham apalagi Agustus ini merupakan puncak kemarau," terang Hery.

Pencegahan dan penanggulangan Karhutla juga dilakukan dengan membuat embung-embung yang tersebar di perusahaannya. Juga menambah peralatan yang digunakan dalam mengatasi Karhutla.

Embung berfungsi sebagai cadangan air di saat musim kemarau. Termasuk adanya sekat kanal atau blocking yang berguna menjaga ketinggian permukaan air tanah.

"Kita ada 43 unit sekat kanal, ini sangat berguna di musim kemarau nanti. Semoga tahun ini tidak ada Karhutla, meskipun setiap tahun di musim kemarau selalu ada Karhutla," pungkasnya.(nis)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: