Herman Deru Minta JCH Asal Sumsel Taati Petunjuk Muthawif

Herman Deru Minta JCH Asal Sumsel Taati Petunjuk Muthawif

Gubernur HD usai memberikan pembekalan kepada JCH yang akan berangkat besok di Asrama Haji, Jumat (24/6) malam. Foto : edy/sumeks.co--

SUMEKS.CO, PALEMBANG - Sebanyak 450 Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten OKU Timur Embarkasi Palembang akan diberangkatkan Sabtu (25/6) besok dari Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang menggunakan pesawat Saudi Airlines sekitar pukul 05.30 WIB.

Gubernur Sumsel H Herman Deru mengimbau kepada seluruh JCH asal Sumsel untuk tetap mengikuti petunjuk Muthawif (pemandu atau pembimbing ibadah haji) selama berada di tanah suci Mekah dan tetap menjaga kesehatan.

"Alhamdulillah tahun ini kita dapat memberangkatkan jemaah haji," kata Deru saat memberikan arahan kepada JCH di asrama haji Palembang, Jumat (24/6) malam.

Dikatakan Deru, hendaknya semua yang berangkat mengucapkan rasa syukur karena yang berangkat ini merupakan orang pilihan yang langsung dipilih Allah swt.

BACA JUGA:Di Madinah, Jemaah Calon Haji Dapat Makan Tiga Kali Sehari

Dirinya juga mengingatkan kepada jeluruh jemaah untuk mengikuti rukun wajib dan sunnah haji. "Jangan sampai ibadah di sana sia-sia," imbuhnya.

Deru juga mengingatkan kepada jemaah untuk membawa alas kaki sandal yang dapat menahan panas. Karena cuaca di Arab Saudi saat ini sedang ekstrem. Hal ini agar terhindar dari segala sesuatu yang tidak diinginkan.

"Jangan lupa bawa alas kaki karena cuaca di sana sedang ekstrem," ucapnya.

Selain itu, Deru juga mengimbau kepada jemaah agar selalu mengikuti arahan Muthawif dan mentaati aturan selama di Mekah.

 Menurutnya, semua adat dan budaya di sana berbeda dengan di Indonesia. Maka dari itu lanjut Deru, jaga dan ikuti aturan selama pelaksanaan ibadah di Mekah.

 "Ingat aturan di negara lain. karena aturannya berbeda dengan di Indonesia. Adat dan budayanya pun berbeda," tuturnya.

 Deru menitipkan doa kepada seluruh jemaah agar mendoakan Provinsi Sumsel terbebas dari segala penyakit dan segera dicabut pandemi Covid 19. Serta minta didoakan agar pertumbuhan ekonomi membaik pasca pandemi Covid 19.

 "Supaya menjadi haji yang mabrur dan mabrurah. Doakan agar pandemi Covid 19 cepat diangkat oleh Allah swt," tutupnya. (edy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: