SUTET Ambruk, Diduga Besi Siku Penyangga Hilang Dicuri

SUTET Ambruk, Diduga Besi Siku Penyangga Hilang Dicuri

Kondisi SUTET yang ambruk. Foto : boi/harianmuba.com--

SUMEKS.CO, MUBA - Satu unit Tower Saluran Udara Tekanan Ekstra Tinggi (SUTET) yang berada di Desa Sri Mulyo, Kecamatan Tungkal Jaya, Muba, ambruk, Rabu (15/6) pagi.

Pemicunya diduga bagian besi siku dari tower ini sudah tidak ada lagi yang kuat dugaan jika besi tersebut hilang akibat ulah tangan jahil.

Camat Tungkal Jaya Dr H Sugeng Riyadi Spd MM membenarkan ada tower SUTET di wilayahnya yang ambruk. Namun, ia mengungkapkan tower tersebut belum ambruk sepenuhnya.

"Hari ini kami ke lapangan untuk melakukan pengecekan secara langsung, hasilnya memang ada tiang SUTET hampir roboh, sudah miring 45 derajat namun belum roboh," jelas Camat.

BACA JUGA:6 Bulan DPO, Pencuri Kabel Sutet Ditembak

Sugeng mengungkapkan dari hasil pemeriksaan di lapangan ditemukan banyak siku penyangga sudah hilang diduga akibat dicuri. Selain itu juga ada bekas dipotong menggunakan alat gergaji.

"Bekas potongan nya sudah berkarat kemungkinan dilakukan sudah lama. Lokasi towernya berada sekitar 1,5 KM dari jalan raya ditengah areal perkebunan karet," jelasnya.

Camat mengungkapkan pihak PLN sudah berada dilokasi namun mereka kesulitan untuk memasuki alat guna memperbaiki towe SUTET. "Karena tidak ada jalan untuk kendaraan jenis mobil," paparnya.

Terpisah, Manager Humas PLN WS2JB, Sendy Rudiyanto kepada wartawan menjelaskan tower yang ambruk itu bagian utama sehingga dapat berdampak suplai listrik. "Dampaknya adalah terjadinya pemadaman," jelasnya.

Pemadaman tersebut, jelas Sendy dilakukan karena pihaknya akan segera melakukan pembangunan tower emergency, guna memastikan pasokan listrik kembali normal.

"Pelanggan yang kena dampak sebanyak 36.000 atau 1,56 persen dari jumlah pelanggan 2,3 juta," kata dia.

Tower SUTET diketahui ambruk pada Rabu (15/6) pagi oleh petugas PLN yang saat itu sedang melakukan penelusuran penyebab padamnya listrik selama dua hari di sejumlah wilayah.

Setiba di lokasi, petugas menemukan tower SUTET sudah dalam kondisi ambruk. Penemuan itu, langsung dilaporkan ke pihak berwajib guna dilakukan penyelidikan.

Sementara, PJ Bupati Muba Drs H Apriyadi MSi, terkait dengan ambruknya tower SUTET, mengatakan, meminta pihak kepolisian untuk mengusutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: