Ridho Yahya Hadiri Isbat Nikah Gratis hingga Bangun Musala di Kantor Pengadilan Agama

Ridho Yahya Hadiri Isbat Nikah Gratis hingga Bangun Musala di Kantor Pengadilan Agama

--

WALI KOTA Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM menghadiri kegiatan acara tasyakuran menempati gedung baru Pengadilan Agama (PA) Kota Prabumulih, peletakan batu pertama pembangunan musala bantuan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih hingga pelaksanaan isbat nikah terpadu tahun 2022 di halaman kantor PA, Selasa (14/6).

Kegiatan tersebut, dihadiri Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Agama Palembang, YM. Drs. H. R.M. Zaini, S.H., M.H.I, Unsur Muspida, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat Lurah serta pasangan pengantin yang mengikuti kegiatan isbat nikah.

Wali Kota Prabumulih, H Ridho Yahya mengatakan, pihaknya senang kini mempunyai gedung PA yang bagus dan nyaman dibangun di atas lahan hibah dari Pemkot Prabumulih. Untuk itu, Pemkot dalam hal ini juga memberikan bantuan berupa musallah di halaman kantor PA yang ditandai dengan kegiatan peletakan batu pertama pembangunan musallah.

Dalam kesempatan itu pula, Ridho mengaku pihaknya juga mengadakan kegiatan isbat nikah secara gratis. "Karena masih banyak warga yang tidak mempunyai buku nikah. Makanya kita laksanakan isbat nikah," akunya.

Selain itu, kata dia. Tak semua warga mampu membayar uang untuk isbat nikah. "Karena saya pernah merasakan susah mencari uang, makanya kita bantu masyarakat untuk isbat nikah," lanjutnya mengaku Pemkot pernah mendapatkan rekor muri karena melaksanakan kegiatan isbat nikah gratis dengan peserta terbanyak.

Kepala Pengadilan Agama Prabumulih, Lukmin dalam kesempatan itu berterimakasih kepada Wali Kota Prabumulih. "Kami sangat bangga dengan Pak Wali Kota. Mulai urusan dapur hingga urusan kasur diurus," sebutnya.

Dia pun mencontohkan urusan dapur dimana semua masyarakat sudah dipasang gas kota secara gratis. Sementara, untuk urusan kasur dimana juga difasilitasi SIM (surat izin mengemudi) di kamar dengan cara diadakan isbat nikah gratis. Pihaknya sendiri, sudah pindah ke kantor baru sejak 30 Mei lalu.

Sementara itu, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang, Zaini mengaku bersyukur Prabumulih telah dibangun gedung Pengadilan Agama yang baru. Dengan adanya bangunan gedung di Prabumulih, maka nantinya masyarakat yang mencari keadilan dan mendapatkan pelayanan sebagus-bagusnya pelayanan. "Sederhana, cepat dan biaya murah," lanjutnya.

Selain itu, kata dia. Di Pengadilan Agama juga ada pelayanan prodeo tanpa bayar. "Ada dari pemerintah sehingga masyarakat yang tidak mampu bisa berperkara secara cuma-cuma. Namun ada syarat-syaratnya diantaranya menyertakan surat keterangan tidak mampu," tukasnya mengaku orang tidak mampu jangan susah-susah dan pihaknya juga berharap pelayanan di PA Prabumulih bersih tidak ada suap-menyuap dan tidak ada minta minta. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: