Fitur Baru Firefox, Bisa Translate Bahasa saat Offline

Fitur Baru Firefox, Bisa Translate Bahasa saat Offline

ilustrasi Firefox--

SUMEKS.CO - Mozilla dikabarkan tengah mengerjakan fitur baru berupa pembuatan plugin terjemahan untuk Firefox yang bisa bekerja secara offline. Cara kerjanya, fitur Firefox Translations perlu mengunduh beberapa file saat pertama kali Anda mengonversi teks dalam bahasa tertentu.

Namun, itu akan dapat menggunakan sumber daya sistem Anda untuk menangani terjemahan. Beda dari sebelumnya dimana sistem perlu mengirim informasi ke pusat data untuk pemrosesan cloud yang membutuhkan koneksi internet.

Plugin ini muncul sebagai hasil kerja Mozilla dengan Project Bergamot yang didanai Uni Eropa. Lainnya yang terlibat termasuk Universitas Edinburgh, Universitas Charles, Universitas Sheffield dan Universitas Tartu.

Tujuannya adalah untuk mengembangkan alat mesin saraf untuk membantu Mozilla membuat opsi terjemahan offline. “Mesin, model bahasa, dan algoritme terjemahan dalam halaman harus berada dan dijalankan sepenuhnya di komputer pengguna, jadi tidak ada data yang akan dikirim ke cloud, menjadikannya sepenuhnya pribadi,” jelas Mozilla, dikutip Kamis (9/6).

Salah satu batasan besar dari plugin ini adalah hanya dapat menangani terjemahan antara bahasa Inggris dan 12 bahasa lainnya, menurut TechCrunch. Untuk saat ini, Firefox Translations mendukung bahasa Spanyol, Bulgaria, Ceko, Estonia, Jerman, Islandia, Italia, Bokmal Norwegia dan Nynorsk, Persia, Portugis, dan Rusia.

Mozilla dan mitranya dalam proyek ini telah membuat jalur pelatihan di mana para sukarelawan dapat membantu dengan membantu melatih model-model baru, sehingga lebih banyak bahasa dapat ditambahkan nantinya. Mereka juga mencari feedback pengguna tentang model yang ada, jadi Firefox Translations masih dalam proses pengerjaan.

Sebagai informasi, Apple dan Google keduanya memiliki aplikasi seluler yang dapat menangani terjemahan offline juga. Memang agak aneh bahwa browser, yang menurut definisi digunakan untuk mengakses web, memerlukan opsi terjemahan offline.

Tetapi menerjemahkan teks di perangkat Anda dan menghindari kebutuhan untuk mentransfernya ke dan dari pusat data bisa menjadi keuntungan bagi privasi dan keamanan bagi pengguna. (jpg/jawapos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: