Telkomsel dan Kemkomdigi Pastikan Upaya Maksimal Pemulihan Layanan Telekomunikasi di Wilayah Terdampak Bencana

Selasa 02-12-2025,06:32 WIB
Reporter : Fitri
Editor : Fitri

Di Provinsi Aceh, 1252 site atau 63,75% mengalami gangguan dengan total 2.165 BTS terdampak, terutama akibat padamnya pasokan listrik dan kerusakan infrastruktur kelistrikan. 

BACA JUGA:Resmi! Telkomsel Hadirkan GraPARI Toboali, Layanan Digital Kini Lebih Dekat untuk Warga Bangka Selatan

BACA JUGA:Telkomsel & OpenAI Hadirkan Promo Bundel ChatGPT Go yang Lebih Terjangkau Mulai Rp50.000 di Indonesia

Di Provinsi Sumatera Utara, terdapat 578 site (12,54%) atau 1.001 BTS yang masih terganggu, termasuk dampak pemadaman listrik serta putusnya jalur backbone pada ruas Sibolga–Barus.

Sementara itu, di Provinsi Sumatera Barat, sebanyak 93 site (8,72%) atau 179 BTS masih dalam kondisi down akibat wilayah yang terisolasi serta akses jalan yang tertutup longsor dan banjir.

“Dalam situasi kebencanaan, akses komunikasi bukan hanya kebutuhan teknis, melainkan bagian penting dari upaya penyelamatan dan koordinasi. Karena itu, kami memastikan semua proses recovery dilakukan secepat dan seaman mungkin demi mendukung masyarakat yang terdampak,” tambah Nugroho.

Upaya lain yang dilakukan Telkomsel bersama induk perusahaan Telkom Indonesia yakni menyampaikan bantuan bagi warga terdampak bencana banjir dan longsor, salah satunya dengan menyediakan posko layanan WiFi gratis. Fasilitas ini diharapkan dapat membantu warga di wilayah terdampak bencana alam di Sumatera agar tetap terhubung dan mendapatkan informasi yang akurat.*

Kategori :