Untuk mengatasi kondisi ini, HKI melakukan penanganan khusus melalui metode perbaikan daya dukung tanah, untuk memastikan stabilitas dan keamanan konstruksi.
BACA JUGA:Jalan Tol Palembang-Betung Seksi Rengas-Pangkalan Balai, Bisa Dilewati H-10 Lebaran Nanti, Gratis!
BACA JUGA:Jalan Tol Palembang-Betung Bisa Dilalui Pemudik, Kebut Pengaspalan Utamakan Kenyamanan
Penerapan Building Information Modeling (BIM) juga diimplementasikan dalam proses pembangunan tol mulai dari perencanaan, pembuatan shopdrawing, perhitungan volume pekerjaan awal, serta memanfaatkan cloud yang dijadikan sebagai pusat data informasi proyek untuk kolaborasi dengan seluruh stakeholder proyek.
Selain itu, HKI juga menggunakan fotogrametri untuk memantau progres proyek yang berjalan dengan menggunakan citra udara yang diperoleh dari wahana seperti drone, satelit, atau kamera digital.
Isu lingkungan tetap menjadi perhatian HKI dalam membangun infrastruktur. Dalam pembangunan tol ini, HKI melakukan revegetasi di lingkungan sekitar proyek untuk menjaga ekosistem.
Dalam proses konstruksi, HKI juga menerapkan metode analisis optimal guna meminimalisir limbah konstruksi sebagai bentuk komitmen pemenuhan terhadap kaidah lingkungan dalam prinsip environmental, social, and governance (ESG).
BACA JUGA:Dukung Kelancaran Arus Mudik 2025, Pembangunan Ruas Tol Palembang-Betung Dipercepat
"Sebelum tol dibangun, waktu tempuh Palembang-Betung dapat mencapai 4-5 jam, karena kondisi jalan eksisting yang padat dan sering mengalami kemacetan," katanya lagi.
Dengan adanya tol, waktu tempuh bisa ditekan menjadi sekitar 1,5-2 jam. HKI berharap Tol Palembang-Betung Struktur ini dapat selesaikan pada Agustus 2025 dengan baik, agar dapat memberikan manfaat nyata secara sosial dan ekonomi bagi masyarakat di sekitar Sumatra Selatan.
Hingga saat ini, HKI masih mengerjakan sejumlah proyek pembangunan JTTS lainnya seperti Jalan Tol Lingkar Pekanbaru, Tol Palembang-Betung Mainroad, Betung-Jambi Seksi IA, Betung-Jambi Seksi IB, Betung-Jambi Seksi 2A.
Betung-Jambi Seksi 2B, Betung-Jambi Seksi IV, Rest Area Tol Medan-Binjai, dan Rest Area Betung-Jambi 1A. Untuk proyek jalan tol Non-JTTS, HKI kini tengah mengerjakan proyek Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi Paket II, dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek Selatan Paket 2A.