SUMEKS.CO - Sebagai bagian dari komitmennya untuk mendukung prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG), Telkomsel kembali mengadakan kegiatan penting yang bertujuan untuk memberikan dampak positif kepada masyarakat.
Pada 2 hingga 4 Mei 2025, Telkomsel menyelenggarakan pelatihan tanggap bencana dalam rangka program Telkomsel Emergency Response And Recovery Activity (TERRA) di Lampung.
Program ini merupakan salah satu inisiatif Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam.
Program pelatihan TERRA sebelumnya juga telah dilaksanakan secara offline di Makassar, dengan pendampingan online selama dua bulan. Kegiatan ini menjadi bagian dari upaya berkelanjutan Telkomsel untuk memberdayakan masyarakat melalui edukasi dan pelatihan berbasis teknologi dan inovasi yang dapat mendukung upaya mitigasi bencana alam.
BACA JUGA:Telkomsel dan Pegatron Resmikan Kolaborasi 5G untuk Smart Factory Berbasis AI dan IoT di Batam
BACA JUGA:Wong Palembang dan Jambi Ketiban Rejeki Nomplok Rp100 Juta dari Undian Digosok Hepi Telkomsel
Program Gladian Panji Relawan TERRA dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat terhadap potensi bencana dengan memberdayakan mahasiswa serta pemuda yang tergabung dalam komunitas pecinta alam dan komunitas peduli bencana. Para peserta yang hadir dilatih untuk menjadi agen perubahan di masyarakat dalam menghadapi bencana alam.
Dalam pelatihan ini, peserta diberikan materi yang sangat penting terkait kebencanaan. Materi yang diberikan meliputi Pemetaan Risiko, Alokasi Sumber Daya, Notifikasi Dini, Jaringan Evakuasi Aman, serta Integrasi Penanganan Darurat atau yang dikenal dengan Panji.
Melalui program TERRA, Telkomsel berkomitmen untuk membangun masyarakat yang lebih siap dan tangguh dalam menghadapi bencana.--
Dengan pengetahuan ini, diharapkan para peserta dapat lebih siap dan sigap dalam menghadapi bencana, serta mampu memberikan dampak positif kepada masyarakat sekitar dalam meningkatkan kesiapsiagaan mereka.
Tak hanya itu, para peserta juga diajak untuk memetakan potensi-potensi bencana yang mungkin terjadi di sekitar tempat tinggal mereka. Dengan demikian, mereka dapat lebih mudah melakukan langkah-langkah pencegahan dan mitigasi jika terjadi bencana alam.
BACA JUGA:Kampanye Marketing B2B Telkomsel Raih Penghargaan Bergengsi di PR Awards 2025
Dedfriady Masta, General Manager Consumer Business Region Sumbagsel Telkomsel, mengungkapkan bahwa semangat untuk memberikan dampak positif yang selaras dengan prinsip ESG menjadi dasar dari setiap langkah perusahaan.
“Telkomsel selalu terinspirasi oleh semangat Indonesia untuk memberikan dampak positif, terutama dalam menjaga kelestarian bumi dan lingkungan secara selaras dengan proses bisnis perusahaan yang mengedepankan prinsip ESG. Komitmen kami adalah untuk menghadirkan inovasi yang tidak hanya memberikan manfaat bagi pelanggan, tetapi juga mendukung terciptanya kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat luas. Dalam setiap langkah perusahaan, kami memastikan bahwa visi Telkomsel untuk menjadi penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan yang memberdayakan masyarakat Indonesia, diwujudkan dengan tindakan nyata yang sustainable,” ujarnya.