BPJS Satu: Solusi Cepat dan Tepat untuk Peserta JKN di Rumah Sakit

Selasa 25-02-2025,16:35 WIB
Reporter : Dian
Editor : Wiwik

PALEMBANG, SUMEKS CO – Kehadiran petugas BPJS Satu di setiap fasilitas kesehatan, khususnya rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, menjadi langkah nyata meningkatkan kualitas layanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

'' Petugas hadir untuk memberikan layanan informasi dan pengaduan yang cepat dan tepat bagi peserta JKN,'' kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palembang, Edy Surlis.

Petugas BPJS Satu menjadi agen mutu layanan yang turut membantu terwujudnya kualitas atau mutu layanan di fasilitas kesehatan itu sendiri.

"Salah satu tugas mereka adalah tindak lanjut informasi dan pengaduan di fasilitas kesehatan. Harapannya dari informasi ataupun pengaduan yang kami terima dapat menjadi feedback atau umpan balik baik bagi kami maupun fasilitas kesehatan untuk meningkatkan mutu layanan kepada peserta JKN," kata Edy.

BACA JUGA:BPJS Kesehatan Mengucapkan Selamat atas Pelantikan Ratu Dewa dan Prima Salam

BACA JUGA:BPJS Kesehatan Palembang Terima Kunjungan Reses DPRD Sumsel Demi Keberlanjutan Program JKN

“Informasi mengenai nomor kontak ini dapat ditemui di poster yang ada di fasilitas kesehatan. Poster ini ditempatkan di beberapa lokasi yang mudah terlihat oleh peserta.

Selain nomor kontak petugas kita, juga dinformasikan nomor kontak dari petugas rumah sakit yang ditunjuk,” tambah Edy.

Edy menjelaskan bahwa dengan diinformasikan dua nomor kontak tersebut, eskalasi atau penanganan informasi dan pengaduan dapat lebih maksimal.

Selain tindak lanjut informasi dan pengaduan, petugas BPJS Satu juga melakukan kunjungan kepada peserta layanan rawat jalan dan rawat inap.

BACA JUGA:BPJS KESEHATAN

BACA JUGA:BPJS Kesehatan Jalin Kolaborasi dengan DPRD Kabupaten Ogan Komering Ilir untuk Peningkatan Pelayanan JKN

“Kita menyebutnya dengan Customer Visit. Kegiatan ini tujuannya untuk mengetahui pengalaman berobat dari peserta JKN yang mengakses layanan kesehatan di fasilitas kesehatan tempat mereka bertugas. Harapannya tentu saja untuk meningkatkan mutu layanan yang mudah, cepat dan setara,” jelas Edy. 

Kristela, salah satu petugas rumah sakit yang ditunjuk sebagai petugas pemberian informasi dan penanganan pengaduan (PIPP RS) mengungkapkan bahwa kehadiran petugas BPJS Satu sangat membantu di rumah sakit.

“Saya sebagai petugas PIPP RS yang ditunjuk merasa sangat terbantu dengan mereka. Petugas BPJS Satu sangat responsif, bahkan di luar jam dinas sekalipun mereka tetap bisa dihubungi,” ungkap Kristela.

Kategori :