Menurut pengamatan, respons cepat dan penanganan yang transparan adalah kunci untuk menjaga keberlanjutan dan kepercayaan masyarakat terhadap program ini.
Dalam beberapa program pengaduan sebelumnya, masalah yang sering dihadapi adalah birokrasi yang berlarut-larut.
Dengan sistem yang lebih terintegrasi, diharapkan setiap keluhan yang masuk bisa langsung ditangani oleh instansi terkait tanpa harus melalui proses yang panjang.
Teknologi sebagai Solusi Pendukung
Di era digital seperti saat ini, penggunaan teknologi sangat penting untuk menghubungkan masyarakat dengan pemerintah secara lebih efisien.
Program "Lapor Mas Wapres" memerlukan platform teknologi yang memungkinkan masyarakat untuk tidak hanya melaporkan keluhan, tetapi juga memantau status pengaduan mereka secara real-time.
Transparansi dalam penanganan laporan adalah hal yang sangat penting agar masyarakat merasa lebih terlibat dan yakin bahwa setiap keluhan mereka diperhatikan.
Pemerintah perlu menyediakan mekanisme pelaporan yang terintegrasi dengan sistem SP4N Lapor! agar tidak terjadi tumpang tindih antara berbagai platform pengaduan yang ada.
BACA JUGA:Kontroversi Pernyataan Amien Rais, Minta Prabowo 'Pecat' Gibran Sebagai Wapres Jika Ingin Berkah
BACA JUGA:Prabowo Diminta Ganti Gibran, Amien Rais: Kalau Masih Nongkrong Jadi Wapres Nggak Bakal Berkah
Peran Pemerintah Daerah
Dalam pelaksanaannya, "Lapor Mas Wapres" sebaiknya melibatkan pemerintah daerah secara aktif.
Hal ini penting agar laporan yang bersifat lokal dapat segera ditindaklanjuti di tingkat daerah, tanpa harus menunggu instruksi dari pusat.
Dengan pelatihan dan pemberdayaan petugas di tingkat lokal, diharapkan banyak masalah bisa diselesaikan lebih cepat, sehingga tidak membebani pemerintah pusat.