SUMEKS.CO - Ombudsman Republik Indonesia (ORI) terus berupaya memperkuat tata kelola layanan publik di Indonesia dengan menggelar sosialisasi dan edukasi pencegahan maladministrasi kepada Bank BRI.
Kegiatan yang berlangsung di Radio Auditorium Brilian, Kantor Pusat BRI di Jakarta ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran serta kemampuan perbankan dalam menerapkan prinsip-prinsip Good Governance yang efektif dan transparan.
Sebagai lembaga pengawas pelayanan publik, Ombudsman RI memiliki peran krusial dalam mengawasi, menangani laporan masyarakat, serta memberikan rekomendasi untuk perbaikan layanan publik.
Dalam konteks perbankan, kerja sama ini diharapkan dapat mengurangi maladministrasi yang sering terjadi dalam pengelolaan pengaduan nasabah dan memberikan pelayanan yang lebih transparan dan akuntabel.
BACA JUGA:BRI Dukung UMKM Naik Kelas melalui Program Sertifikasi Halal
BACA JUGA:BRI Bantu UMKM Bangkit: Modal Usaha Mudah dan Bunga Rendah, Peluang Emas untuk Usahamu
Anggota Ombudsman Republik Indonesia Sektor Perekonomian, Yeka Hendra Fatika, menyatakan bahwa Ombudsman RI tidak hanya berperan sebagai pengawas, tetapi juga bertindak sebagai fasilitator dalam membangun hubungan kolaboratif dengan berbagai penyelenggara layanan publik, termasuk bank.
“Kami tidak hanya mengawasi, tetapi juga berupaya membangun hubungan kolaboratif dengan penyelenggara layanan, termasuk BRI, untuk memastikan bahwa prinsip-prinsip Good Governance diterapkan secara efektif,” ujarnya.
Melalui kolaborasi ini, Ombudsman berharap adanya peningkatan dalam kualitas layanan perbankan, terutama dalam hal penanganan pengaduan nasabah. Layanan perbankan yang berorientasi pada prinsip tata kelola yang baik akan memberikan dampak positif pada kepuasan masyarakat, yang merupakan tujuan utama dari penyelenggaraan pelayanan publik yang baik.
Direktur Retail Funding and Distribution BRI, Andrijanto, menjelaskan bahwa BRI telah berkomitmen untuk terus meningkatkan sistem layanan pengaduan nasabah.
BACA JUGA:BRI, Sahabat Ekonomi Lokal Musi Rawas, Layanan Mudah dan Inovasi Digital Dekat di Hati
BACA JUGA:Raih Properti Impian dengan Harga Terjangkau! Cek Lelang Aset di Infolelang.bri.co.id Sekarang!
Menyadari bahwa perkembangan teknologi telah mengubah preferensi nasabah dalam berinteraksi dengan layanan perbankan, BRI telah mengalihkan touch point pengaduan nasabah dari metode konvensional ke kanal digital, yaitu melalui platform Sabrina dan aplikasi mobile banking BRImo.
“BRI berkomitmen senantiasa memberikan solusi yang tepat untuk membangun kepercayaan nasabah sesuai dengan prinsip Good Corporate Governance,” ungkap Andrijanto.
Selain itu, BRI juga telah mengembangkan sistem pelacakan pengaduan, yang memungkinkan nasabah memantau tahapan penanganan pengaduan mereka secara transparan. Upaya ini diharapkan dapat membangun kepercayaan nasabah dengan memberikan pengalaman pelayanan yang responsif dan profesional.