Siap-Siap, 24 hingga 31 Oktober 2024 Buruh se-Indonesia Bakal Demo Besar-Besaran Tuntut Kenaikan Upah

Sabtu 19-10-2024,12:47 WIB
Reporter : Fadly
Editor : Edward Desmamora

SUMEKS.CO - Siap-siap, mulai tanggal 24 Oktober 2024 ratusan ribu buruh di seluruh wilayah di Indonesia bakal menggelar aksi demonstrasi besar-besar tuntut kenaikan upah pekerja kepada pemerintah.

Seperti yang disampaikan Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) M Iqbal dalam unggahan akun Bicaralah Buruh, Sabtu 19 Oktober 2024 aksi demo para buruh se-Indonesia itu dilakukan selama 8 hari berturut-turut.

"Mulai tanggal 24 Oktober hingga 31 Oktober 2024 akan diadakan unjuk rasa atau demonstrasi ratusan ribu buruh di seluruh wilayah Indonesia," kata Presiden KSPI M Iqbal dalam postingan video.

Diungkapkan M Iqbal, para buruh yang ada di- 38 Provinsi yang ada di Indonesia sudah menyatakan kesiapannya untuk menggelar aksi di lebih dari 350 Kabupaten atau Kota di di Indonesia.

BACA JUGA:PHK Massal: Ekonomi Lesu, Buruh Pabrik dan Pegawai Kantoran Terdampak

BACA JUGA:May Day 2023 di Palembang, Perjuangkan Tuntutan Buruh yang Tak Berujung?

Menurut Iqbal, rencana aksi demonstrasi besar-besaran nantinya tiap-tiap daerah akan digelar ada secara serentak serta ada yang bergelombang.

Ia mencontohkan, bahwa nantinya aksi demontrasi besar-besar para buruh yang digelar pada tanggal 24 Oktober mendatang dipusatkan di Istana Negara di DKI Jakarta.


--

"Misal tanggal 24 akan dimulai dari Jakarta di Istana Negara, ribuan buruh akan turun di Istana," ungkap Iqbal.

Lalu, pada tanggal 25 Oktober lanjut Iqbal, giliran seluruh pekerja buruh di Provinsi Jawa Barat dan seluruh buruh yang ada di Kepulauan Riau khusunya di Batam.

Hingga, kata Iqbal terus dilakukan bergelombang sampai tanggal 31 Oktober secara bergilir menggelar aksi demonstrasi kecuali pada hari Sabtu dan Minggu.

"Ada yang serempak ada yang bergelombang," kata Iqbal.

BACA JUGA:May Day di Palembang, Ribuan Buruh Sampaikan 14 Tuntutan, Salah Satunya Cabut Omnibuslaw Cipta Kerja

BACA JUGA:Kurang Puas dengan Kenaikan UMP, Buruh di Sumsel Suarakan Aksi di Kantor Gubernur, Berikut Tuntutannya

Kategori :