Siaga Bencana, Pj Gubernur Sumsel Pastikan Kesiapan BPBD Lubuklinggau Hadapi Musim Hujan

Kamis 17-10-2024,20:38 WIB
Reporter : Rahmat
Editor : Rahmat

LUBUKLINGGAU, SUMEKS.CO - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Elen Setiadi, S.H., M.S.E, menekankan pentingnya kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana, khususnya menjelang musim penghujan yang berpotensi menimbulkan bencana banjir dan tanah longsor.

Dalam kunjungan kerjanya ke Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Pemadaman Kota Lubuk Linggau pada Kamis 17 Oktober 2024, Elen Setiadi melakukan evaluasi kesiapsiagaan jajaran Satuan Tugas (Satgas) Bencana.

“Hari ini kita lakukan evaluasi kesiapsiagaan penanggulangan bencana agar siap siaga terus menerus,” ungkap Elen Setiadi.

Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa semua petugas yang terlibat dalam penanggulangan bencana siap menghadapi kemungkinan terjadinya bencana yang tidak dapat diprediksi.

BACA JUGA:Hadiri HUT Kota Prabamulih Ke-23 Tahun, Pj Gubernur Elen Setiadi Ajak Suksekan Program Pemerintah

BACA JUGA:Elen Setiadi: Sinergi Pemerintah dan DPRD Kunci Kesuksesan Sumsel

Elen Setiadi juga mengingatkan bahwa meskipun musim kemarau telah berlalu, kesiapsiagaan Satgas penanggulangan bencana harus tetap diutamakan.

“Bencana tidak dapat diprediksi kapan terjadinya, maka kita harus terus melakukan pemeriksaan setiap petugas dan memastikan mereka selalu siap serta antisipasi,” ujarnya.

Dia menambahkan, selama musim kemarau, pihaknya berhasil menangani kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dengan baik, dan kondisi cuaca juga mendukung upaya tersebut.

Memasuki musim penghujan, Elen mengingatkan agar semua petugas tetap siaga.

BACA JUGA:Pj Gubernur Elen Setiadi Resmi Buka Digital Financial Innovation Day 2024

BACA JUGA:Pj Gubernur Elen Setiadi Apresiasi Berbagai Capaian Diraih Kabupaten OKI di Usia Ke-79 Tahun

“Sebentar lagi kita akan memasuki musim penghujan. Kita berada di daerah rawan bencana, maka petugas di lapangan harus tetap siap siaga,” tegasnya.

Selain itu, dia juga berharap agar petugas penanggulangan bencana dapat menjalankan amanah dengan baik, termasuk mengedukasi masyarakat tentang kewaspadaan dan langkah-langkah evakuasi yang perlu dilakukan saat bencana terjadi.

Elen Setiadi menekankan pentingnya koordinasi dan sinergi antara semua pihak dalam menghadapi bencana.

Kategori :