Studi Tiru ke Yogyakarta, Imigrasi Sumsel Tingkatkan Inovasi dan Kolaborasi Layanan Keimigrasian

Kamis 10-10-2024,15:57 WIB
Reporter : Rahmat
Editor : Rahmat

Ketiga aplikasi ini bertujuan untuk mempermudah akses masyarakat terhadap layanan keimigrasian serta mengurangi waktu tunggu.

BACA JUGA:Kakanwil Kemenkumham Sumsel Kukuhkan 73 Desa/Kelurahan Sadar Hukum di Kabupaten Lahat

BACA JUGA:Seleksi Ketat Calon Notaris 2024, Kemenkumham Sumsel Jaring Profesional Berintegritas Melalui Ujian CAT

Inovasi berbasis teknologi ini diharapkan mampu menginspirasi Kanwil Sumsel dalam meningkatkan layanan keimigrasian di Sumatera Selatan.

Dengan aplikasi serupa, Kantor Imigrasi Sumatera Selatan diharapkan dapat memberikan pelayanan yang lebih efisien, transparan, dan dapat diakses kapan saja.

Penerapan teknologi dalam layanan publik juga akan mempercepat proses administrasi, sehingga masyarakat mendapatkan pelayanan yang prima dan responsif terhadap kebutuhan mereka.

Kolaborasi yang erat antara Kantor Imigrasi Yogyakarta dengan UGM menjadi salah satu inspirasi bagi Kanwil Kemenkumham Sumsel untuk memperluas kerja sama dengan institusi pendidikan lokal di Sumatera Selatan.

BACA JUGA:Perkuat Inovasi Akademik, Kemenkumham Sumsel Resmikan Klinik Kekayaan Intelektual di Universitas Kader Bangsa

BACA JUGA:Kakanwil Kemenkumham Sumsel Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Bersama Wujudkan Indonesia Emas

Kolaborasi ini bertujuan untuk mempermudah akses pelayanan keimigrasian bagi mahasiswa asing yang belajar di Sumatera Selatan serta mendukung tujuan pendidikan internasional di wilayah tersebut.

Dengan adanya Unit Kerja Imigrasi di kampus, mahasiswa asing dapat lebih mudah mengurus perpanjangan izin tinggal dan administrasi lainnya tanpa harus keluar dari lingkungan kampus.

Di akhir kunjungan, rombongan dari Divisi Keimigrasian Sumatera Selatan berkesempatan melihat langsung operasional Unit Kerja Imigrasi di UGM.

Pengelolaan yang profesional dan layanan yang ramah terhadap mahasiswa internasional memberikan kesan positif dan motivasi bagi Kanwil Sumsel untuk mengimplementasikan konsep serupa di wilayahnya.

BACA JUGA:Perkuat Pengawasan Orang Asing, Kemenkumham Sumsel Gelar Rapat Timpora se-OKU Raya untuk Pilkada Aman 2024

BACA JUGA:Kanwil Kemenkumham Sumsel Gelar Sosialisasi Pengajuan Paspor Melalui Aplikasi M-Paspor di Baturaja

Kegiatan studi tiru ini merupakan langkah awal bagi Kantor Wilayah Sumatera Selatan untuk terus berinovasi dalam memberikan pelayanan keimigrasian.

Kategori :