72 Calon Notaris Ikuti Seleksi Ketat CAT di Pangkalpinang, Integritas dan Profesionalisme Jadi Fokus Utama

Kamis 03-10-2024,12:12 WIB
Reporter : Rahmat
Editor : Rahmat

PANGKALPINANG, SUMEKS.CO – Sebanyak 72 calon notaris mengikuti Seleksi Computer Assisted Test (CAT) yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU) bekerja sama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada hari Rabu, 2 Oktober 2024.

Seleksi ini berlangsung di Unit Pelaksana Teknis (UPT) BKN Pangkalpinang dan bertujuan untuk menilai kelayakan serta kualitas para calon notaris yang akan bertugas di berbagai wilayah Indonesia.

Kegiatan seleksi ini merupakan bagian dari proses penentuan notaris yang akan menjalankan tugas mereka sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Dalam sambutannya yang disampaikan secara daring, Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum, Cahyo R. Muzhar, menjelaskan bahwa seleksi ini terdiri dari dua tahapan utama, yaitu ujian CAT dengan soal pilihan ganda serta esai mengenai pembuatan akta.

BACA JUGA:Kakanwil Kemenkumham Babel Beri Apresiasi Tinggi atas Capaian Gemilang Lapas Tanjungpandan

BACA JUGA:Sinergi Kuat, Kakanwil Kemenkumham Babel Apresiasi Pemkab Beltim Atas Terobosan Imigrasi Corner

Cahyo berharap bahwa seleksi yang digelar di 35 lokasi berbeda dan diikuti oleh total 3.526 orang calon notaris ini dapat menghasilkan notaris-notaris berkualitas, penuh integritas, dan profesional.

“Diharapkan pada seleksi ini kami bisa menjaring notaris yang tidak hanya berkualitas dalam hal pengetahuan, tetapi juga memiliki integritas dan profesionalisme yang tinggi," ujar Cahyo.

Lebih lanjut, Cahyo menuturkan bahwa kegiatan seleksi ini merupakan buah kolaborasi yang baik antara berbagai pihak, termasuk Kementerian Hukum dan HAM yang menjadi penyelenggara utama, Badan Kepegawaian Negara, serta Badan Kerjasama Magister Kenotariatan dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri.

Selain itu, keterlibatan unsur notaris dengan rekam jejak yang baik dalam seleksi ini juga menjadi bagian penting dalam menjaga kualitas proses rekrutmen.

BACA JUGA:Kemenkumham Babel Gelar Penguatan Manajemen Risiko, Tekankan Transparansi dan Akuntabilitas

BACA JUGA:Dirjen AHU Kemenkumham Lantik Kakanwil Kemenkumham Babel Sebagai MPWN Periode 2024-2027

Pada kesempatan yang sama, Cahyo memberikan pesan khusus kepada seluruh calon peserta seleksi. Ia menekankan pentingnya menjaga integritas sepanjang proses seleksi, terutama mengingat notaris adalah profesi yang dianggap sangat mulia.

“Jika kalian benar-benar ingin menjadi notaris, maka ikutilah seluruh tahapan seleksi dengan benar, mulai dari proses CAT hingga pembuatan akta. Jaga integritas sebagai calon notaris dengan mengikuti seleksi secara jujur dan jangan tergoda oleh tawaran dari pihak-pihak yang mengaku dapat meluluskan kalian secara instan," tegas Cahyo.

Pesan ini menjadi sangat penting mengingat maraknya praktek kecurangan dalam proses seleksi di berbagai institusi.

Kategori :