Hari Pancasila Momen Tumbuhkan Jiwa Pancasila

Selasa 01-10-2024,18:51 WIB
Reporter : Niskiah
Editor : Rahmat

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

Pada upacara Hari Kesaktian Pancasila itu, di halaman Kantor Bupati OKI, Selasa 1 Oktober 2024.

Sejumlah pegawai di lingkungan Pemkab OKI mengikuti upacara. Dalam Upacara ini Plh Sekda OKI, Drs H Antonius Leonardo, MSi selaku Inspektur Upacara mengingatkan kembali makna penting dari Pancasila sebagai dasar negara.

Hari Kesaktian Pancasila adalah hari nasional di Indonesia yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 153 Tahun 1967. 

BACA JUGA:Wakapolda Sumsel Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2024

BACA JUGA:Kakanwil Kemenkumham Sumsel Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Bersama Wujudkan Indonesia Emas

Ini terjadi setelah Peristiwa Gerakan 30 September yang lebih dikenal sebagai G30S atau G30S/PKI. Untuk mengenang peristiwa sejarah tersebut, Pemerintah Kabupaten OKI menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila. 

“Hari ini kita berkumpul untuk mengenang dan menghayati nilai-nilai Pancasila yang telah menjadi pedoman hidup bangsa kita," ucap Anton. 

Lanjut dia, pada peringatan ini bukan hanya sekadar seremonial, tetapi sebagai momentum untuk merenungkan kembali komitmen terhadap Pancasila. 

Sambungnya, menyatakan Pancasila adalah sumber kekuatan dalam menghadapi berbagai tantangan. Semua Elemen harus bersatu dan saling mendukung demi menjaga keutuhan bangsa.

BACA JUGA:Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2024 di Polres Ogan Ilir, Momen Bersama Wujudkan Indonesia Emas

BACA JUGA:Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Sekda Pemprov Sumatera Selatanl: Momentum Perkokoh Kebangsaan

"Saya mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari," jelasnya.

Dimana Pancasila adalah identitas sebagai bangsa. Sehingga berkomitmen untuk memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. 

Masih kata Antonius yang juga menjabat sebagai Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda OKI ini, juga mengingatkan pentingnya peran masyarakat dalam menjaga nilai-nilai kebangsaan.

Kategori :