Misteri Puluhan Ribu Ton Emas di Bank Swiss Milik Soekarno Akhirnya Terpecahkan, Inilah Fakta Sebenarnya

Minggu 29-09-2024,20:01 WIB
Reporter : Fadly
Editor : Edward Desmamora

SUMEKS.CO - Presiden Pertama Indonesia Ir Soekarno disebut-sebut menyimpan banyak emas batangan dengan total 57 ton di sebuah Bank Swiss bahkan sampai sekarang masih mengundang rasa penasaran publik.

Konon katanya, seluruh emas tersebut dipinjam oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Jhon F Kennedy pada tahun 1963 untuk biaya pembangunan negeri berjuluk Paman Sam tersebut.

Lalu, seperti apakah fakta sebenarnya terkait simpanan emas di Bank Swiss yang konon milik Presiden pertama RI Ir Soekarno tersebut?

Dirangkum dari berbagai sumber, Minggu 29 September 2024 yang menerangkan pada catatan sejarah Presiden RI pertama Ir Soekarno tidak miliki harta berupa emas yang disebutkan itu

BACA JUGA:Heboh! Detik-Detik Cabup Kudus Ini Ngaku-Ngaku Titisan Soekarno, Sugeng: Prabowo Abang Saya!

BACA JUGA:Pasti Belum Banyak yang Tahu, Ternyata Nama Dua Artis Senior Indonesia Ini Pemberian dari Soekarno

Fakta sejarah memaparkan bahwa, selama menjadi Presiden RI saat itu Ir Soekarno hidupnya penuh dengan kesulitan guna merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

Dari catatan sejarah, Presiden Ir Soekarno sempat diwawancarai oleh seorang jurnalis AS bernama Cindy Adams yang bertanya berapa gaji yang didapat Soekarno saat menjadi Presiden.


--

Saat itu, Ir Soekarno blak-blakan menyebut bahwa gajinya saat itu menjadi Presiden hanya US$220 saja.

Ir Soekarno juga tidak memiliki harta baik berupa rumah dan tanah, jadi wajar selama menjabat sebagai Presiden Ir Soekarno hidup dari istana ke istana yang dimiliki negara.

Bahkan, tutur Soekarno, dia pernah dibelikan piyama oleh duta besar saat kunjungan ke luar negeri. Duta besar itu merasa kasihan karena Sukarno memakai baju tidur yang sudah robek.

"Adakah Kepala Negara yang melarat seperti aku dan sering meminjam-minjam dari ajudannya?" kata Sukarno kepada Cindy Adams dikutip dari berbagai sumber informasi.

BACA JUGA:Daftar Merek Jam Tangan Mewah Koleksi Soekarno, Presiden Indonesia yang Berkarisma

BACA JUGA:Penemuan Bangkai Kapal Dinasti Yuan Mengandung Harta Karun Bernilai Trilyunan, Berumur 700 Tahun

Kategori :