PT Bukit Asam Raih 5 Penghargaan Prestasi Good Mining Practice dari Kementerian ESDM

Kamis 26-09-2024,17:34 WIB
Reporter : Rahmat
Editor : Rahmat

SUMEKS.CO - PT Bukit Asam Tbk (PTBA), anggota Grup MIND ID, kembali mencetak prestasi gemilang dengan meraih lima Penghargaan Prestasi Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan yang Baik atau Good Mining Practice (GMP) dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Penghargaan bergengsi ini diberikan pada acara puncak GMP Award 2024 yang diselenggarakan di Jakarta, Rabu, 25 September 2024.

Empat dari lima penghargaan tersebut diterima oleh Unit Pertambangan Tanjung Enim milik PTBA. Penghargaan tersebut antara lain adalah Penghargaan Prestasi Utama Pengelolaan Teknis Pertambangan Mineral dan Batubara, Penghargaan Prestasi Utama Pengelolaan Konservasi Mineral dan Batubara, Penghargaan Prestasi Utama Pengelolaan Standardisasi dan Usaha Jasa Pertambangan Mineral dan Batubara, serta Penghargaan Prestasi Pratama Pengelolaan Lingkungan Hidup Pertambangan Mineral dan Batubara.

Sementara itu, penghargaan kelima yang diraih PTBA diberikan kepada Unit Pelabuhan Tarahan, yang mendapatkan Penghargaan Prestasi Pratama Pengelolaan Lingkungan Hidup Pertambangan Mineral dan Batubara.

BACA JUGA:Bukan Dirampok Gara-gara Plexing Rumah Mewah di Tiktok, Tapi Pelaku Ada Utang Tak Mampu Bayar Guys

BACA JUGA:Perdana Ikut Lomba, SMAN 2 Tanjung Raja Sabet Juara 2 Lomba PKS Tingkat Kabupaten Ogan Ilir

Dalam sambutannya pada acara GMP Award 2024, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia menekankan pentingnya keseimbangan antara profit perusahaan tambang dan tanggung jawab terhadap lingkungan serta masyarakat sekitar.

Ia juga menyoroti pentingnya pengelolaan pasca tambang yang harus berorientasi pada kepentingan masyarakat sekitar.

"Pasca tambang itu penting, rakyat juga harus diperhatikan. Untung besar itu penting, tapi rakyat juga harus diperhatikan. Jangan sampai masyarakat tambang itu susah," ujar Bahlil dalam sambutannya.

Bahlil juga mengingatkan pentingnya sinergi antara pengelolaan tambang yang berkelanjutan dengan dampak positif yang dirasakan oleh masyarakat sekitar area pertambangan.


PT Bukit Asam berhasil meraih lima penghargaan GMP Award 2024, termasuk penghargaan untuk pengelolaan lingkungan hidup dan konservasi mineral di Unit Pertambangan Tanjung Enim.--

BACA JUGA:Menteri AHY dan Ketua Umum KADIN Bahas Peluang Sinergi untuk Membangun Ekonomi Indonesia

BACA JUGA:Sindikat Curanmor di Wilayah Sukarami Palembang Ditangkap, Hasil Curian Dimodifikasi dan Dijual ke Muba

Menurutnya, GMP Award bukan hanya sekedar ajang penghargaan, tetapi juga menjadi pengingat bahwa pengelolaan tambang harus memperhatikan aspek lingkungan, keselamatan, dan masyarakat secara holistik.

Suhedi, Direktur Operasi & Produksi PT Bukit Asam Tbk, dalam kesempatan tersebut mengungkapkan rasa syukurnya atas penghargaan yang diterima oleh PTBA.

Kategori :