Meriahkan Nuzulul Quran 1445 Hijriah, Pemdes Seritanjung Ogan Ilir Gelar Karnaval

Senin 08-04-2024,21:59 WIB
Reporter : Hetty
Editor : Hetty

Yang mana, hal ini menjadi wadah persatuan pemuda pemudi Seri Tanjung yang disebut Organisasi Pemuda Pemudi Seri Tanjung (OPST). 

Tujuannya adalah untuk mempersatukan pemuda pemudi Seri Tanjung, karena waktu itu tidak ada organisasi kepemudaan seperti Karang Taruna sekarang ini, yang ada waktu itu hanya Ketua Bujang dan Ketua Gadis. 

Pada tahun 1956 menjelang bulan puasa Ramadan, pengurus OPST berinisiatif membuat program, yaitu mengadakan peringatan malam Nuzulul Quran. 

BACA JUGA:Karnaval Budaya, Geliatkan Ekonomi dan Pariwisata di Kabupaten Muara Enim

BACA JUGA: Mengenakan Pakaian Adat, Ribuan Murid Taman Kanak-Kanak Ikuti Karnaval Tingkat Kota Palembang

Hasil musyawarah, maka OPST mengadakan acara ceramah agama yang bertempat di masjid dan mengadakan karnaval dalam rangka Memperingati Malam Nuzulul Quran bulan suci Ramadan. 


Kades Seritanjung, Zainal Abidin, menerima sekapur sirih dari penari. --

Waktu pelaksanaannya diadakan pada pertengahan bulan puasa, tepatnya tanggal 18 Ramadan. Tepatnya, pelaksanaan kedua kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dalam satu malam bertempat di Masjid Taqwa Seri Tanjung.

Terlebih dahulu, orang-orang tua melaksanakan acara ceramah agama Memperingati Nuzulul Quran di masjid, setelah itu baru diadakan arak-arakan karnaval keliling kampung yang dikoordinir oleh muda mudi atau bujang gadis Seri Tanjung.(*) 

Kategori :