Pengerjaan Dikebut, Jalan Tol IKN Siap Beroperasi Akhir 2025

Senin 23-09-2024,09:01 WIB
Reporter : Niskiah
Editor : Rahmat

SUMEKS.CO - Sejumlah infrastruktur pembangunan di Ibu Kota Nusantara (IKN) Nusantarakita terus dikebut pembangunannya atau pengerjaannya. 

Yakni dengan tujuan segera digunakan atau difungsikan. Sama seperti salah satu proyek infrastruktur yang pengerjaannya juga dikebut yaitu jalan tol IKN. 

Tiga seksi utama jalan tol ini ditargetkan tuntas konstruksinya secara konektivitas atau jaringan, termasuk interchange, Bulan Juni 2025.

Jadi, untuk jalan tol di IKN mulai dioperasikan atau difungsikan yaitu pada akhir tahun 2025. Ini dikarenakan pada Juni 2025 ditargetkan selesai. 

BACA JUGA:Jelajahi IKN, Temukan Jadwal dan Rute Bus Terbaru

BACA JUGA:Wajib Tahu! Istana Garuda dan Istana Negara di IKN Diresmikan Oktober Ini

Adapun tiga seksi jalan tol itu adalah Jalan Tol IKN Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 kilometer, Jalan Tol IKN Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,32 kilometer.

Lalu, Jalan Tol Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,67 kilometer. 

"Tol IKN 3A, 3B, dan 5A ditargetkan fungsional pada Desember 2024, namun penuntasan secara jaringan, termasuk interchange bulan Juni 2025," ujar Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Rachman Arief Dienaputra, dikutip berbagai sumber, Minggu 22 September 2024.

Jadi, untuk jalan tol di IKN beroperasi di akhir tahun 2025 mendatang. Dimana pembangunan jalan tol harus maksimal meskipun telah dikebut pengerjaannya. 

 

BACA JUGA:Siaga Hadapi Bakal Bencana Gempa Megathrust, Baiknya Persiapkan 7 Benda Ini Sebelum Menyesal

BACA JUGA:IKN Resmi Dibuka Umum, Ini Lokasi Destinasi yang Wajib Dikunjungi

Jalan tol IKN, pasca dioperasikan fungsional untuk mendukung perhelatan upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI, ketiga seksi tersebut ditutup kembali untuk kemudian dilanjutkan pembangunannya.

Sementara PT Hutama Karya (Persero) menyatakan kesiapannya untuk mengelola tiga ruas Jalan Tol IKN.

Kategori :