Wajib Tahu Kalau Mau Jadi 'Wong Kito', Berikut 6 Jenis Kerupuk Kemplang Khas Palembang yang Sudah Langka

Minggu 22-09-2024,11:36 WIB
Reporter : Fadly
Editor : Edward Desmamora

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Kemplang atau Kelempang adalah kerupuk berbahan dasar olahan ikan yang umum ditemukan dibelahan Selatan Sumatera Indonesia, terutama di Kota Palembang.

Kemplang pada umumnya, oleh masyarakat di Provinsi Sumatera Selatan khususnya di kota Palembang dikenal sebagai camilan pendamping lauk pauk.

Keplang dibuat dari campuran ikan tenggiri atau gabus, dengan tepung tapioka (sagu) serta penyedap rasa lainnya, yang direbus kemudian dikeringkan hingga bisa digoreng atau dipanggang untuk camilan atau pelengkap hidangan utama.

Bentuk dari kemplang pun saat ini hanya dikenal berbentuk bulat atau sedikit lonjong, berwarna putih dengan ukuran kecil, sedang hingga besar.

BACA JUGA:Gagahnya Wapres Ma'ruf Amin Kenakan Pakaian Adat dan Songket Palembang, Bikin Bangga 'Wong Kito'

BACA JUGA:Heboh 'Wong Kito' Miliki Dua Lukisan Karya Seniman Legendaris Van Gogh Senilai Triliunan Rupiah, Benarkah?

Dan dipasarkan dalam varian kemplang goreng ataupun Kelempang panggang 

Dahulunya, ada kemplang juga digunakan sebagai hiasan diatas piring ketika sedang merayakan hari-hari besar seperti perayaan pernikahan adat orang Palembang tempo dulu.


--

Beragam jenis Kelempang mulai dari bentuk Kelempang, ukuran Kelempang hingga warna-warni Kelempang pun disajikan saat menggelar pesta adat Palembang.

Namun kini, eksistensi dari Kemplang hiasan saat perayaan adat pesta pernikahan sudah jarang ditemui tergerus dengan penyajian pesta pernikahan modern.

Dalam artikel berikut ini, akan dibeberkan beberapa jenis Kemplang agar tidak menghilang tergerus zaman yang wajib kita ketahui.

Berikut ini jenis-jenis Kemplang khas Palembang yang sudah jarang ditemui, yang dirangkum dari berbagai sumber informasi Minggu 22 September 2024.

BACA JUGA:Curhat Wong Palembang Temacet Dari Simpang Charitas Sampai Palimo, Netizen: ‘Capek Nian Lewat Situ Tiap Hari’

BACA JUGA:Enak dan Bergizi, Ini Menu Wajib Wong Palembang Saat Buka Puasa di Bulan Ramadhan

Kategori :