Pj Gubernur Sumsel Bersama TNI AU dan Kemenko Polhukam, Tuntaskan Konflik Lahan Asrama Haji Palembang

Minggu 15-09-2024,13:14 WIB
Reporter : Rahmat
Editor : Rahmat

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Elen Setiadi, S.H., M.S.E., bersama Tim Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam) Republik Indonesia, serta Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Danlanud) Sri Mulyono Herlambang (SMH), Kolonel Pnb Rizaldy Efranza, melakukan peninjauan sejumlah bangunan di area Asrama Haji Palembang pada Sabtu, 14 September 2024.

Peninjauan ini merupakan bagian dari upaya penyelesaian permasalahan lahan yang sudah berlangsung cukup lama antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan dan TNI Angkatan Udara (AU).

Sejumlah fasilitas yang ada di Asrama Haji Palembang menjadi perhatian dalam inspeksi ini, dengan tujuan mencari solusi terbaik untuk berbagai isu yang terkait dengan kepemilikan lahan dan penggunaan aset di wilayah tersebut.

Kunjungan ini dipimpin langsung oleh Plt Deputi Bidang Koordinasi Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Kemenko Polhukam, Sugeng Purnomo, yang menyatakan bahwa peninjauan ini dilakukan untuk mencari penyelesaian secara damai dan adil.

BACA JUGA:Telkomsel Hadirkan Showcase 5G di PON XXI Aceh-Sumut 2024: Wujud Inovasi Teknologi Terkini Bagi Masyarakat

BACA JUGA:Ini Identitas Pemotor yang Tewas di Tempat Usai Hantam Belakang Bak Truk di Kertapati Palembang

Ia juga menegaskan pentingnya kerja sama antar pihak terkait untuk menyelesaikan permasalahan yang telah lama tertunda ini.

“Kita meninjau lapangan untuk menemukan solusi terbaik atas permasalahan yang telah terjadi sekian lama. Kemarin sudah ada beberapa poin yang kita sepakati, dan hari ini kita harapkan dapat kita rumuskan keputusan bersama yang lebih konkret,” ujar Sugeng.

Dalam peninjauan ini, juga dibahas tentang pembangunan kios yang didanai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemprov Sumsel tahun 2024.

Kios ini dibangun untuk mendukung kegiatan pelayanan haji yang terletak di sekitar kompleks Asrama Haji Palembang. Sugeng menekankan bahwa pembangunan kios tersebut dapat dilanjutkan sesuai dengan kesepakatan bersama yang akan dibahas lebih lanjut dalam rapat koordinasi.

BACA JUGA:Kirain Ngantre Sembako, Ribuan Orang Ini Rela Antre dari Subuh Demi Boneka Labubu Seharga Jutaan Rupiah

BACA JUGA:Wasit Asal Sumsel Dapat Salam Olahraga di PON XXI Aceh-Sumut 2024, Bikin Kontroversi Saat Pimpin Pertandingan?

Setelah peninjauan lapangan, dilanjutkan dengan rapat koordinasi yang dihadiri oleh perwakilan Pemprov Sumsel, TNI AU, dan Tim Kemenko Polhukam.

Dalam rapat ini, Pemprov Sumsel menyatakan komitmennya untuk mengalokasikan anggaran dalam APBD tahun 2025 guna melakukan renovasi rumah dinas perhubungan Pemprov Sumsel.

Renovasi ini nantinya akan dihibahkan kepada Kementerian Pertahanan cq. TNI AU, sebagai bagian dari upaya memperkuat sinergi antar institusi.

Kategori :