Lenovo ThinkPad X13 Yoga Gen 3, Laptop Tangguh dengan 4 CPU Intel

Minggu 15-09-2024,12:27 WIB
Reporter : Rappi Darmawan
Editor : Rappi Darmawan

SUMEKS.CO - Lenovo ThinkPad X13 Yoga Ge3, dipastikan tangguh dengan empat CPU Intel yang berbeda. Ada Intel  Core i5-1235U , i7-1255U , dan varian vPro-nya, i5-1245U dan i7-1265U. 

Laptop yang hadir dengan layar berukuran 11,5 inci ini, bukan hanya unggul pada ssktor dapur pacu saja. Bisa dibilang pada semua bagian.

Lenovo ThinkPad X13 Yoga Ge3, merupakan laptop konvertibel dengan layar sentuh QHD (Quad HD), memiliki total pixel 4 kali lebih banyak dari total pixel yang dimiliki oleh resolusi HD. 

Untuk layarnya sendiri, laptop Lenovo ThinkPad X13 Yoga Gen 3 menggunakan panel LCD IPS 13,3 inci yang dimensinya sesuai dengan format 16:10. 

BACA JUGA:Spesifikasi Huawei Matebook 14s: Laptop Multitasking dengan Performa Super dan Baterai Super Irit

BACA JUGA:Lenovo ThinkPad Z13 Gen 1: Laptop Multitasking dengan Performa Kencang dan Gunakan Material Vegan Leather

Sebagai laptop konvertibel, ThinkPad X13 Yoga G3 secara alami memiliki layar sentuh kapasitif 10 titik dan dilengkapi stylus pen.

Layar perangkat ini juga mendukung multi-sentuh dan pena digital, serta harus memberikan cakupan ruang warna sRGB 100%.

Lenovo ThinkPad X13 Yoga Gen 3 juga hadir dalam warna "Thunder Black", tetapi hanya keyboard dan rangka layarnya yang berwarna hitam murni. 

Desain laptop ini lebih mewakili desain ThinkPad modern yang didasarkan pada X1 Carbon. Terutama terlihat pada alasnya yang meruncing dengan permukaan samping yang miring.

BACA JUGA:HONOR MagicBook Pro 16, Laptop Multimedia dengan Mesin yang Sangat Bertenaga!

BACA JUGA:5 Laptop Lenovo Paling Murah, Mumpuni untuk Mahasiswa hingga Pekerja Kantoran!

Bahan pembuatan bodi Lenovo ThinkPad X13 Yoga Gen 3 juga mirip dengan X1 Carbon, casingnya sebagian besar terbuat dari plastik serat karbon (CFRP). 

Baik pelat dasar maupun penutup layar terbuat dari bahan yang sangat ringan dan stabil, sedangkan sandaran tangan dan rangka keyboard terbuat dari magnesium. 

Secara persentase, lebih banyak CFRP yang digunakan di sini daripada di X1 Carbon. Kombinasi bahan-bahan berkualitas tinggi ini memastikan stabilitas yang sangat tinggi; casing hampir tidak dapat diputar atau penyok, baik di area alas maupun layar. 

Seluruh casing, tidak termasuk pelat kaca di depan layar, memiliki lapisan karet beludru yang secara signifikan kurang sensitif terhadap kotoran daripada model ThinkPad hitam sebelumnya. Secara keseluruhan, ThinkPad X13 Yoga G3 terasa sangat premium. 

BACA JUGA:IdeaPad Slim 3, Laptop Lenovo yang Kecil, Ringan, serta Terjangkau untuk Menunjang Produktivitas!

BACA JUGA: Laptop Acer Aspire 5 Slim i5-1335U Vs HP 14s-dq4016 TU, Mana yang Lebih Baik?

Engsel yang lebar memungkinkan untuk melipat dan membuka ke mode yang umum untuk laptop konvertibel - tablet, tenda, dan dudukan. 

Dengan demikian, sudut pembukaan maksimum adalah 360 derajat. Engsel, yang dilengkapi dengan tutup logam perak, menahan monitor dengan kokoh di tempatnya, tetapi Pengguna memerlukan dua tangan untuk membuka laptop.

Keyboard Lenovo ThinkPad X13 Yoga G3 sesuai dengan perwakilan khas seri ThinkPad X beberapa tahun terakhir. Ini adalah tata letak 95% di mana semua tombol sedikit lebih kecil.

Sensasi mengetiknya berada pada level tinggi yang biasa ada pada ThinkPad saat ini, dengan jarak tempuh khas 1,5 mm dan titik tekanan yang sangat nyaman. 

BACA JUGA: 7 Cara Mengatasi SD Card Tidak Terbaca di Ponsel atau Laptop

BACA JUGA:Asus Zenbook S 16, Laptop yang Mencuri Perhatian dengan Layar OLED-nya yang Cemerlang!

Touchpad sesuai dengan standar ThinkPad saat ini di luar seri X1 dan ThinkPad Z kelas atas: Lenovo memasang clickpad dengan desain engsel yang hanya dapat diklik di area bawah. 

Permukaannya, yang berukuran 11,5 x 5,5 cm, terdiri dari Mylar halus, yang diiklankan Lenovo sebagai "seperti kaca". 

Selain touchpad, seperti yang selalu terjadi pada ThinkPad, terdapat pula TrackPoint merah, tombol karet merah yang populer di mana-mana yang memungkinkan penunjuk tetikus dioperasikan tanpa harus melepaskan tangan dari keyboard.

Dibandingkan dengan pendahulunya,  X13 Yoga G2 , X13 Yoga G3 sedikit lebih boros daya. Di sisi lain, pesaing Dell, Latitude 9330, hampir sama, setidaknya pada beban rendah.

BACA JUGA:Samsung Galaxy Book4 Edge 16, Laptop Kerja yang Mendukung Konektivitas Wi-Fi 7 dan Bluetooth 5.4

BACA JUGA:Xiaomi Book Pro 14, Laptop Portable yang Punya Desain Minimalis, Tipis dan Ringan

Catu daya 65 watt sedikit lebih kecil dari konsumsi daya maksimum 66,1 watt. Namun, karena konsumsi daya turun dengan cepat di bawah batas ini, hal ini tidak menjadi masalah dalam penggunaan sehari-hari.

Laptop ini juga memiliki layar yang relatif cerah dan beresolusi tinggi serta kinerja CPU yang lebih baik dibandingkan model tahun lalu.

Kategori :