Detik-Detik Mengerikan Salju Longsor di Pegunungan Tian Shan, Nyawa Perekam Video Nyaris Terancam

Selasa 10-09-2024,12:06 WIB
Reporter : Fadly
Editor : Edward Desmamora

Dari deskripsi unggahan dikatakan, wisatawan tersebut merupakan wisatawan asal inggris yang merekam momen longsornya salju di pegunungan Tian Shan.

Dari keterangannya juga, sebelum terjadi longsoran salju bahwa sebanyak sepuluh orang wisatawan saat itu hendak mendaki melalui jalur pegunungan Tian Shan.

Ketika itu, mereka mendengar suara retakan es yang dalam sebelum akhirnya melihat keatas dinding salju yang meluncur ke arah mereka.


--

Sebanyak sembilan turis dari Inggris dan satu turis dari Amerika disebutkan, lolos dari maut setelah terjebak dalam longsoran salju besar yang disebabkan oleh runtuhnya gletser pegunungan Tian Shan.

Masih dari deskripsi diceritakan, semua orang dalam kelompok selamat dari longsoran salju meskipun seorang wanita terluka lututnya dan dibawa ke fasilitas medis terdekat. 

Shimmin adalah orang yang merekam saat longsoran es meluncur ke arahnya dan teman-temannya.

"Kami baru saja mencapai titik tertinggi di trek dan saya berpisah dari rombongan untuk berfoto di atas tepi tebing. Saat saya mengambil gambar, saya mendengar suara es yang pecah di belakang saya. Saya berada di tepi tebing, jadi saya hanya bisa melarikan diri dari tempat penampungan," ungkapnya.

"Seandainya kami berjalan lima menit lebih jauh dalam perjalanan kami, kami semuanya mungkin sudah mati," tambahnya.

Sementara itu, dari penelusuran ternyata video peristiwa detik-detik longsoran salju di pegunungan Tian Shan yang nyaris mengancam nyawa wisatawan itu adalah video lama.

Peristiwa lonsor besar salju pegunungan Tian Shan, terjadi pada pertengahan tahun 2022 silam.

Sekedar informasi, Pegunungan Tian Shan sebagian besar terletak di tenggara Kirgistan dan timur lautnya berbatasan dengan China. Wilayah ini merupakan bagian dari jalur perdagangan Jalur Sutra kuno dari Timur Tengah dan Asia ke barat.

pegunungan Tian Shan atau ditulis Tyan-Shan merupakan nama pegunungan terletak di Asia Tengah, di sebelah utara Gurun Taklamakan di perbatasan Kirgizstan, Kazakhstan, dan RRT. 

Dalam Bahasa Uyghur bernama Tengri Tagh. Letaknya 2.800 km dari Tashkent, Uzbekistan.

Kategori :