Kadisdik Palembang Tinjau Pelaksanaan ANBK SMP 2024, Fokus Tingkatkan Literasi dan Numerasi Siswa

Senin 09-09-2024,12:42 WIB
Reporter : Rahmat
Editor : Wiwik

"Ada tiga sesi pelaksanaan ANBK setiap harinya. Sesi pertama dimulai pada pukul 07.20, sesi kedua pada pukul 10.30, dan sesi ketiga pada pukul 14.10. Namun, jika jumlah peserta di bawah 45 orang, sekolah bisa mengadakan hanya dua sesi," jelas Amri.

BACA JUGA:Smartphone iQOO Z7 5G: Turun Harga Awal September 2024, Makin Terjangkau dengan Performa Multitasking

BACA JUGA:5 Pilihan Smartphone OPPO Kamera Setara DSLR serta Tahan Air dan Debu

Dalam pelaksanaan ANBK, para siswa dihadapkan pada soal-soal yang mengukur kemampuan literasi dan numerasi. Soal-soal tersebut dirancang dengan tingkat kesulitan yang beragam, sehingga mampu mengukur kemampuan berpikir kritis dan analitis siswa.

"Soal ANBK berfokus pada literasi dan numerasi dengan beragam tingkat kesulitan. Tujuan kami adalah untuk memberikan stimulan kepada siswa agar lebih termotivasi dalam membaca dan meningkatkan kemampuan berpikir numeris mereka," ujar Amri.

Lebih lanjut, Kadisdik Palembang ini berharap agar ANBK dapat memberikan dampak positif dalam peningkatan minat baca para siswa.

"Kami berharap dengan adanya ANBK ini, siswa dapat lebih terpacu untuk meningkatkan kemampuan literasi mereka. Minat baca dan kemampuan literasi sangat penting untuk menunjang keberhasilan siswa dalam pendidikan dan kehidupan sehari-hari," tutupnya.

BACA JUGA:Davina Karamoy Posting Status Sindir Soal Orang Ketiga, Ipar Adalah Maut Jadi Kenyataan?

BACA JUGA:Huawei Y9, HP Mid-End Hadirkan Fitur Memadai untuk Multitasking, Resmi Turun Harga!

ANBK juga diharapkan dapat menjadi dasar bagi pemerintah daerah dan pusat dalam menyusun kebijakan yang lebih efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Dengan pelaksanaan ANBK yang sistematis dan terstruktur, hasil dari asesmen ini akan memberikan gambaran tentang kemampuan siswa di berbagai daerah, termasuk di Palembang, sehingga perencanaan pengembangan pendidikan dapat dilakukan dengan lebih tepat sasaran.

Pelaksanaan ANBK 2024 di Kota Palembang juga tidak terlepas dari dukungan teknologi yang digunakan dalam asesmen berbasis komputer ini.

Sebagai bagian dari era digitalisasi pendidikan, penggunaan perangkat komputer dan jaringan internet menjadi elemen penting dalam kelancaran pelaksanaan ANBK.

BACA JUGA:Nilai Timnas Indonesia Tertinggi di ASEAN, Vietnam dan Thailand Lewat Kendati Bergabungnya Mees dan Eliano

BACA JUGA:Kantongi Sertifikasi TKDN dan SDPPI, POCO C75 Bakal Segera Rilis di Indonesia

Amri menekankan bahwa meskipun ada beberapa kendala teknis di beberapa sekolah, Dinas Pendidikan Kota Palembang terus berupaya memberikan solusi cepat agar pelaksanaan asesmen tetap berjalan lancar.

Kategori :