Perpustakaan Universitas Bina Darma Raih Akreditasi Unggul dari Perpustakaan Nasional RI

Jumat 12-07-2024,17:04 WIB
Reporter : Rahmat
Editor : Rahmat

SUMEKS.CO - Universitas Bina Darma (UBD) berhasil mencapai pencapaian membanggakan melalui perpustakaannya yang kini resmi mendapatkan akreditasi A (Unggul) dari Direktorat Standarisasi dan Akreditasi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI).

Proses akreditasi ini merupakan hasil kerja keras dari seluruh tim perpustakaan serta dukungan penuh dari pihak universitas.

Proses visitasi untuk akreditasi dilakukan pada tanggal 8 Juni 2024, di mana tim asesor dari Direktorat Standarisasi dan Akreditasi Perpusnas RI yang terdiri dari Drs. Supriyanto, M.Si., Renda Khris Ardhi Artha, S.Sos., M.Si., dan Andi Pargo Simamora, S.Sos., hadir untuk melakukan penilaian terhadap Perpustakaan Universitas Bina Darma.

Visitasi ini bertujuan untuk menilai kesesuaian layanan dan fasilitas perpustakaan dengan Standar Nasional Perpustakaan yang telah ditetapkan.

BACA JUGA:Jalan Tegal Binangun Siap Mulus, Warga Tak Sabar Menanti Perubahan!

BACA JUGA:Panti Rehabilitasi ABH Indralaya akan Berikan Treatment Khusus, untuk Pelaku Pembunuhan Siswi SMP di Palembang

Visitasi tersebut diikuti dengan proses penilaian mendalam yang berlanjut hingga sidang pleno Pusnas pada 28 Juni 2024.

Dari hasil rapat pleno tersebut, perpustakaan UBD dinyatakan layak mendapatkan akreditasi A yang merupakan tingkat penilaian tertinggi dan setara dengan kategori "Unggul".

Pencapaian ini tidak terlepas dari persiapan matang yang telah dilakukan oleh pihak perpustakaan dalam upaya memenuhi seluruh kriteria yang ditetapkan oleh Perpusnas RI.

Persiapan yang panjang dan menyeluruh ini melibatkan berbagai aspek mulai dari peningkatan kualitas layanan, pemenuhan standar fasilitas, hingga pengelolaan koleksi buku dan bahan pustaka secara profesional.

BACA JUGA:Pemadaman Karhutla Gambut di Desa Simpang Tiga Tulung Selapan OKI Masih Dilanjutkan

BACA JUGA:Siap Masuk ke Indonesia, Samsung Galaxy Tab S10 Tawarkan Fitur Terbaik di Kelasnya

Sebagai perpustakaan yang telah terakreditasi unggul, Perpustakaan UBD kini memiliki standar pelayanan yang diakui secara nasional.

Penilaian akreditasi ini dapat diakses oleh publik melalui sistem penilaian akreditasi perpustakaan (SiPaPi) milik Perpusnas RI, di mana hasil akreditasi perpustakaan di seluruh Indonesia ditampilkan secara transparan.

Kepala Perpustakaan Universitas Bina Darma, Marina, S.IP., M.A., menyampaikan rasa syukurnya atas pencapaian yang diraih ini.

Kategori :