Buka Acara Puncak Hari UMKM Nasional 2024 di Palembang, Menteri Teten Apresiasi Peran Besar UMKM

Jumat 06-09-2024,06:00 WIB
Reporter : Zeri
Editor : Zeri

SUMEKS.CO – Provinsi Sumsel jadi tuan rumah Puncak Hari UMKM Nasional 2024 yang berlangsung tanggal 5-8 September 2024 di Dinning Hall Jakabaring Sport City (JSC) Palembang. Menteri Teten apresiasi peran besar UMKM.

Acara yang mengusung tema “UMKM Maju Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas” dibuka langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM, Drs. Teten Masduki, pada Kamis 5 Septermber 2024, malam.

Selain Menteri Koperasi UKM, turut hadir Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi, Sekda Sumsel Eduard Chandra, Kepala Dinas Koperasi & UKM Provinsi Sumatera Selatan Amiruddin serta Kepala daerah dari berbagai provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia.

Peserta Puncak Hari UMKM Nasional 2024 ini terdiri dari kementerian dan lembaga-lembaga terkait. Dinas tingkat provinsi, kabupaten kota se Indonesia serta BUMN dan BUMD. Selain itu acara ini juga diikuti perusahaan swasta nasional, pengusaha, penggiat dan pelaku UMKM nasional dan lokal.

BACA JUGA:Sekda Edward Candra Mantapkan Persiapan Hari UMKM Nasional 2024 di Sumsel

BACA JUGA:Puluhan Peserta Ikuti Pelatihan Desain Kemasan Produk dan Digital Marketing UMKM Palembang

Kegitan yang diselenggarakan Kemenkop UKM dan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan ini dikuti ratusan UMKM dari berbagai provinsi, kabupaten/kota seluruh Indonesia yang terdiri dari stan UMKM binaan Kemenkop UKM, stan kuliner, stan UMKM binaan BUMN dan Swasta, stan fashion.

Menteri Koperasi UMK Drs. Teten Masduki mengapersiasi para pelaku dan penggerak UMKM di Indonesia yang telah berkontribusi besar untuk negara.


Penandatanganan nota kesepakatan bersama antara LPDB dan pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.-Foto: Dok, Sumeks.co-

“97 persen lapangan pekerjaan di Indonesia disediakan oleh UMKM,” ungkap Teten.

Ditambahkan Teten, untuk kedepan sangat penting menjadikan UMKM sebagai arus utama pembangunan ekonomi nasional. Pemerintah memberikan kemudahan untuk pendirian izin usaha, kemudahan untuk mendapatkan berbagai sertifikasi yang dibutuhkan dalam dunia usaha.

BACA JUGA:J&T Express Rayakan Ulang Tahun Ke-9, Tegaskan Komitmen pada UMKM dan Keberlanjutan

BACA JUGA:Sumsel Jadi Tuan Rumah Hari UMKM Nasional 2024, Sekda Edward Candra Harapkan Ini

“Kita juga sedang terus mempercepat inplementasi belanja APBN 40 persen produk lokal, untuk menyerap produk-produk UMKM,” imbuhnya.

Sementara itu Pj Gubernur Sumsel, Elen Setiadi mengatakan jumlah pelakum UMKM non pertanian di Sumsel berdasarkan Sistem Informasi Data Tunggal (SIDT) mencapai 546.724 pelaku usaha. Sedangkan jumlah UMKM pertanian berdasakan data BPS mencapai 1,12 juta pelaku.

Kategori :