Seorang Warga Seberang Ulu Palembang Diduga Terpapar Mirip Virus Cacar Monyet, Langsung Isolasi Mandiri

Selasa 03-09-2024,17:11 WIB
Reporter : Deni Kurniawan
Editor : Edward Desmamora

"Kita masih menunggu hasil lab yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Palembang. Awalnya kemarin kami mendapatkan informasi dari pihak kecamatan bahwa ada salah satu warga kita diduga terpapar virus tersebut," terangnya.

BACA JUGA:Waspada, Meski Belum Ditemui di Indonesia, Kenali Gejala Cacar Monyet

BACA JUGA:Hayo, Pakar Soroti Dugaan Keterkaitan Cacar Monyet dengan Aktivitas Gay dan Biseksual

Diterangkannya, jika hasil uji sampel yang keluar nantinya benar menunjukkan bahwa pasien tersebut terpapar virus monkey pox pihaknya akan menghimbau masyarakat untuk tetap selalu berhati-hati dan tetap menerapkan pola hidup sehat.

"Kasus ini sedang didalami oleh pemerintah dan dinas terkait lainnya. Sekarang sample warga tersebut sedang dilakukan uji laboratorium oleh dinas kesehatan Kota Palembang. Jika hasil uji lab nantinya dinyatakan benar warga tersebut terkena virus cacar monyet maka akan dilakukan imbauan kepada masyarakat untuk tetap tenang selalu berhati-hati dan tetap menerapkan pola hidup sehat seperti menggunakan masker saat keluar rumah atau melakukan aktivitas sehari-hari," ungkapnya.

Sekedar informasi cacar monyet (monkeypox) adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dari kelompok yang serupa dengan penyakit cacar. Penyakit ini sebenarnya telah ditemukan oleh para ilmuwan sejak tahun 1958. 

Cacar monyet sering ditemukan di negara Afrika Tengah dan Afrika Barat, tetapi belakangan ini penyakit ini kembali merebak di beberapa negara di luar Afrika. 

Kategori :