Kajati Sumsel Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Kejaksaan RI ke-79

Senin 02-09-2024,14:51 WIB
Reporter : Fadly
Editor : Edward Desmamora

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Upacara memperingati Hari Lahir Kejaksaan Republik Indonesia ke-79 tahun 2024 dilaksanakan serentak, dan berlangsung khidmat terutama di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumsel.

Dalam upacara yang digelar di halaman upacara gedung Kejati Sumsel Jakabaring Palembang, Senin 2 September 2024 Kepala Kejati Sumsel Dr Yulianto SH MH bertindak sebagai inspektur upacara.

Pada kesempatan itu, Kepala Kejati Sumsel Dr Yulianto SH MH menyampaikan amanat Jaksa Agung RI.

Dalam amanat yang disampaikan, lahirnya Kejaksaan RI pada 2 September 1945 merupakan tonggak sejarah dimulainya peran Kejaksaan mempertahankan kedaulatan hukum di Indonesia.

BACA JUGA:Tahukah Kamu? Ternyata Ini Pengertian, Tugas dan Kewenangan Komisi Kejaksaan RI

BACA JUGA:Kapusdiklat Teknis Fungsional Kejaksaan RI Sambangi Kejati Sumsel, Ini Tujuannya

Diterangkannya, peran kejaksaan dalam mempertahankan kedaulatan hukum di Indonesia sejak dilantiknya Meester de Rechten Gatot Taroenamihardja sebagai Jaksa Agung pertama bersama pembentukan Kabinet Presidensial.

"Tepat pada hari ini, 79 tahun yang lalu, institusi yang kita cintai ini dilahirkan. Dilantiknya Meester de Rechten Gatot Taroenamihardja sebagai Jaksa Agung pertama bersama pembentukan Kabinet Presidensial pertama menandai dimulainya peran Kejaksaan dalam mempertahankan kedaulatan hukum Indonesia," ujar Dr Yulianto SH MH membacakan amanat Jaksa Agung.


--

Masih dalam menyampaikan amanat Jaksa Agung, Dr Yulianto SH MH ada beberapa poin urgensi dalam penentuan hari lahir Kejaksaan ini.

Pertama, kata Yulianto bahwa keberadaan Kejaksaan sebagai Lembaga yang berdiri sejak awal kemerdekaan, yang menunjukan bahwa pentingnya peran Kejaksaan dalam menjaga stabilitas dan keamanan negara.

Lalu kedua, Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya penegakan hukum.

Kemudian ketiga, memperkuat soliditas dan semangat kebersamaan di kalangan insan Adhyaksa.

BACA JUGA:Lowongan Kerja PPPK Tenaga Teknis 2022 di Kejaksaan RI, Cek Syarat dan Formasi Jabatan

BACA JUGA:Kajati Sumsel Turun Gunung Tinjau langsung Test SKD CASN Kejaksaan RI, Sampaikan Pesan Ini

Kategori :