Wabah Mpox Merebak, Pelancong Luar Negeri Diberi Peringatan Ketat

Sabtu 31-08-2024,17:27 WIB
Reporter : Niskiah
Editor : Rahmat

Selain itu, lanjut dia, penumpang hanya perlu mengisi form yang tersedia. Setelah form diisi, akan muncul barcode yang berisi riwayat kesehatan dan perjalanan penumpang. 

BACA JUGA:Alhamdulillah, Wabah Penyakit Ngorok Sebabkan Ratusan Kerbau Mati di OKI Mengalami Penurunan

BACA JUGA:Terkait Wabah Ngorok Hewan Ternak, Fraksi PDI Perjuangan DPRD Ogan Ilir Harap OPD Terkait Cepat Tanggap

"Mengenai barcode tersebut akan dipindai oleh petugas di pintu kedatangan bandara. Setelah barcode dipindai, selanjutnya silakan disimpan," jelasnya. 

Masih kata dia, pihaknya akan koordinasi dengan Balai Besar Karantina Kesehatan Denpasar (BBKK) terkait penggunaan dan penerapan SSHP di Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Dimana telah dilaksanakan agar implementasi dapat berjalan dengan lancar. Sosialisasi dari maskapai kepada para calon penumpang juga telah dilaksanakan agar pengisian SSHP dilaksanakan di bandara asal atau sebelum keberangkatan.

Juga, fasilitas tambahan di area kedatangan internasional juga telah disiapkan yakni termasuk pendeteksi suhu tubuh menggunakan thermal scanner sebanyak tiga unit, ruangan pengecekan spesimen, ruangan pengambilan spesimen. 

BACA JUGA:Wabah Ngorok! Ratusan Kerbau Mati Mendadak, Polres Himbau Masyarakat Laporkan Jika Ada Hewan Terjangkit

BACA JUGA:Wabah Virus Ngorok Menggila di OKI, Peternak Kerbau Merugi Jutaan Rupiah

Untuk dua ruangan pemeriksaan, penanda QR Code SSHP dan pihak BBKK juga menempatkan personil untuk mengedukasi tata cara pengisian SSHP bagi penumpang yang belum mengisi di bandara keberangkatan.

Kemudian juga satu unit thermal scanner juga sudah terpasang di area kedatangan domestik. Jalur evakuasi khusus juga telah disiapkan jika ada yang terindikasi bergejala. 

Kemudian, sambung dia, terkait atensi beberapa event internasional yang dilaksanakan di Pulau Bali dalam waktu dekat termasuk Forum Indonesia-Afrika (IAF) yang akan dihadiri sejumlah kepala negara, dia memastikan pelayanan kepada delegasi di Bandara I Gusti Ngurah Rai, dapat berjalan sesuai protokol kesehatan yang berlaku.

Jadi untuk itu, telah disiapkan satu unit thermal scanner di Gedung VIP Pemda dan satu unit di General Aviation Terminal (GAT). Selain itu juga disiapkan ruangan untuk pemeriksaan lanjut jika diperlukan.

BACA JUGA:Pj Bupati OKI Tinjau Langsung Penanganan Wabah Penyakit pada Kerbau di Pampangan

BACA JUGA:Kerbau Mati Mendadak, Ini Cara Peternak OKI Selamatkan Hewan Ternak dari Wabah Mematikan

"Kami senantiasa akan terus berkoordinasi kepada stakeholder terkait dan mengevaluasi hal-hal yang dibutuhkan, untuk melihat perkembangan kasus dan pencegahan virus mpox demi kenyamanan para penumpang," terangnya. 

Kategori :