Sehebat Apa Google Tensor G4? Berikut Semua yang Perlu Diketahui Mengenai Prosesor Pixel 9 Series

Sabtu 31-08-2024,08:34 WIB
Reporter : Arip muhtiar
Editor : Rappi Darmawan

Google belum merinci pengaturan yang tepat, tetapi dengan Pixel 9 yang ada di tangan, kita tahu pengaturan CPU terdiri dari satu inti Cortex-X4 yang berjalan pada 3,1GHz, tiga Cortex-A720 pada 2,6GHz, dan empat Cortex-A520 pada 1,95GHz. 

BACA JUGA:Google Pixel 9 Pro Fold, Berapa Banyak Pembaruan Perangkat Lunak yang akan Didapatkan?

BACA JUGA:Google Pixel Watch 3 Vs Apple Watch Series 10, Mana Smartwatch yang Terbaik?

Seperti sebelumnya, ini adalah inti generasi saat ini tetapi akan menjadi langkah di belakang chipset generasi berikutnya yang diluncurkan menjelang akhir tahun 2024. 

Namun, perpindahan ke inti yang lebih baru dan lebih besar adalah yang memberi Google peningkatan kinerja yang diklaimnya, terutama untuk tugas-tugas cepat seperti membuka aplikasi. 

Inti-inti ini juga lebih efisien daripada pendahulunya, memperkuat klaim efisiensi daya Google.

Tensor G4 tetap menggunakan GPU Arm Mali-G715. Memang belum dapat dikonfirmasi konfigurasi inti, tetapi tanpa perpindahan ke node pemrosesan yang lebih kecil dan melihat hasil performanya, tampaknya pengaturan tujuh inti ini sama dengan chipset generasi sebelumnya. 

BACA JUGA:Google Pixel Watch 3 Vs Samsung Galaxy Watch 7, Desain dan Material Mana yang Terbaik?

BACA JUGA:Google Pixel Watch 3 Vs Samsung Galaxy Watch 7, Mending Mana di Segmen Perangkat Lunak & Fitur

Meskipun peningkatan kecepatan clock <6% sedikit meningkatkan performa, para gamer masih dihadapkan dengan penawaran kelas menengah yang sudah jauh tertinggal dari Snapdragon dan Dimensity di ranah unggulan. 

Inti GPU statis dengan merek Mali juga berarti tidak ada dukungan ray tracing (yang termasuk dalam julukan Immortalis Arm).

Prosesor Tensor Google tidak pernah mengutamakan metrik kinerja yang sangat cepat; prosesor ini lebih mengutamakan fitur-fitur yang unik. 

Namun, perbedaan antara G3 dan G4 tampaknya sangat kecil dan mungkin membuat para penggemar bertanya-tanya apakah ada gunanya untuk meningkatkan ke model terbaru, setidaknya dari perspektif kinerja.

BACA JUGA:MENDING MANA? OnePlus Pad 2 Vs Tablet Google Pixel, Tablet Terbaik Untuk Penggunaan Sehari-hari

BACA JUGA:Komparasi Google Pixel 9 Pro Vs Pixel 9 Pro XL, Mending Mana untuk Dijadikan Daily Driver?

AI, tentu saja, merupakan salah satu pendorong utama di balik proyek Tensor, yang mendukung Gemini terbaru Google dan fitur fotografi komputasional. 

Kategori :