Langka di Dunia! Taman Safari Bogor Terima Empat Kura-Kura Madagaskar Hasil Sitaan BKI

Kamis 29-08-2024,13:56 WIB
Reporter : Rahmat
Editor : Rahmat

BOGOR, SUMEKS.CO - Taman Safari Bogor kembali menunjukkan komitmennya dalam pelestarian satwa langka dengan menerima empat ekor Kura-kura Madagaskar (Astrochelys radiata) dari Badan Karantina Indonesia (BKI).

Kura-kura yang merupakan salah satu satwa langka di dunia ini disita oleh BKI di pintu masuk Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Penyerahan satwa sitaan ini dilakukan dalam sebuah upacara resmi yang bertempat di exhibit reptil Taman Safari Bogor pada Kamis, 29 Agustus 2024.

Penyerahan ini dilakukan oleh Kepala Badan Karantina Indonesia, Sahat Manaor Panggabean, kepada Direktur Taman Safari Indonesia, Jansen Manansang.

BACA JUGA:Ratu Dewa-Prima Salam Mendaftar ke KPU Naik Vespa di Hari Terakhir, Diarak Ribuan Pendukung

BACA JUGA:Minimarket di Palembang Dibobol, Pelaku Masuk dari Atap, Sudah 2 Kali Kejadian

Dalam sambutannya, Jansen mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kepercayaan yang diberikan oleh BKI untuk mengelola satwa langka tersebut.

"Kami sangat berterima kasih atas kepercayaan Badan Karantina Indonesia untuk menitipkan satwa langka dari Madagaskar ini ke Taman Safari Bogor. Tentu, ini menjadi komitmen kita bersama untuk terus menjaga dan melestarikan satwa-satwa dari berbagai seluruh Dunia,” ujar Jansen.


Penyerahan satwa sitaan ini dilakukan dalam sebuah upacara resmi yang bertempat di exhibit reptil Taman Safari Bogor pada Kamis, 29 Agustus 2024.--

Kerja sama antara Taman Safari Indonesia dan Badan Karantina Indonesia sebenarnya sudah terjalin sejak lama. Jansen juga mengingatkan bahwa kerja sama ini sudah berlangsung sejak BKI masih berada di bawah naungan Kementerian Pertanian.

BACA JUGA:J&T Express Rayakan Ulang Tahun Ke-9, Tegaskan Komitmen pada UMKM dan Keberlanjutan

BACA JUGA:Wujudkan Digitalisasi, Kemenkumham Sumsel Musnahkan 83 Ribu Arsip Lama

"Dulu, BKI ini masih di bawah Kementerian Pertanian. Sekarang BKI berdiri sendiri langsung di bawah Presiden RI. Mudah-mudahan kerja sama dan silaturahmi tetap terus terjaga sampai kapan pun,” tambahnya.

Empat ekor Astrochelys radiata yang diterima Taman Safari Bogor merupakan satwa yang populasinya kini mulai terancam punah dan berada di bawah perlindungan ketat Otoritas Pemerintah Madagaskar.

Dalam konteks ini, Sahat Manaor Panggabean menegaskan pentingnya kerja sama berkelanjutan antara BKI dan Lembaga Konservasi seperti Taman Safari Indonesia dalam upaya melestarikan satwa-satwa langka.

Kategori :