LRT Sumsel Tambah 8 Perjalanan Selama Festival Perahu Bidar, Dukung Lonjakan Pengguna dan Pariwisata Palembang

Rabu 28-08-2024,11:19 WIB
Reporter : Rahmat
Editor : Rahmat

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna LRT Sumatera Selatan (Sumsel) selama pelaksanaan Festival Perahu Bidar, yang berlangsung pada tanggal 29 hingga 31 Agustus 2024, PT KAI Divre III Palembang sebagai operator LRT Sumsel mengumumkan penambahan sebanyak 8 perjalanan harian.

Penambahan ini dilakukan untuk mengakomodir lonjakan pengguna LRT yang diperkirakan meningkat selama festival, mengingat stasiun Ampera yang berdekatan dengan lokasi kegiatan festival tersebut di pelataran Benteng Kuto Besak.

Manager Humas PT KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti, menyatakan bahwa langkah ini merupakan bagian dari komitmen PT KAI Divre III Palembang dalam mendukung program pemerintah kota Palembang, khususnya dalam rangka menyambut HUT ke-79 Republik Indonesia.

“Kami melihat adanya potensi lonjakan pengguna LRT selama festival, terutama karena lokasi festival yang sangat dekat dengan stasiun Ampera. Untuk itu, kami menambah 8 perjalanan harian selama tiga hari pelaksanaan festival, dari 94 perjalanan per hari menjadi 102 perjalanan per hari,” ujar Aida.

BACA JUGA:Rekomendasi HP Infinix Terbaru Tahun 2024, Spek Mumpuni Harga Bersahabat!

BACA JUGA:Satu Data Indonesia: Tingkatkan Akses dan Akurasi Data Pertanahan untuk Masyarakat

Penambahan perjalanan ini akan berlangsung dari pukul 10.35 WIB hingga 17.53 WIB dengan menambah 1 trainset.

Jam operasional LRT Sumsel tetap dimulai pukul 05.06 WIB hingga pukul 20.43 WIB, dengan tarif yang sangat terjangkau, yakni Rp 5.000 untuk perjalanan antar stasiun non-bandara dan Rp 10.000 untuk perjalanan dari dan menuju Stasiun Bandara.

Menurut Aida, data menunjukkan bahwa hingga awal semester II 2024, tepatnya dari tanggal 1 Januari hingga 26 Agustus 2024, LRT Sumsel telah melayani 2.728.815 penumpang.

Angka ini mengalami peningkatan signifikan sebesar 158.034 penumpang dibanding periode yang sama pada tahun 2023.

BACA JUGA:Siap Amankan Pilkada 2024, Polres OKI Simulasi Sispamkota

BACA JUGA:Smartphone Vivo Y18i: Menawarkan Performa Kencang dan Bodi Kokoh Tahan Goresan

Rata-rata penumpang harian saat ini mencapai 11.418 orang, dengan tiga stasiun dengan volume penumpang tertinggi adalah Stasiun Asrama Haji sebanyak 507.224 penumpang, diikuti oleh Stasiun Ampera dengan 420.683 penumpang, dan Stasiun DJKA dengan 386.039 penumpang.

“Keberadaan LRT Sumsel dengan 13 stasiun yang strategis, melewati ikon-ikon kota Palembang, pusat perbelanjaan, dan fasilitas publik lainnya, menjadi salah satu alasan mengapa LRT ini menjadi pilihan utama masyarakat dalam beraktivitas sehari-hari. Fasilitas transportasi yang nyaman, modern, dan tarif yang terjangkau membuat LRT Sumsel semakin diminati,” tambah Aida.

Festival Perahu Bidar sendiri merupakan salah satu agenda tahunan yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat Palembang dan wisatawan.

Kategori :