Upaya Pencegahan Rabies, Hewan Peliharaan di OKI Divaksin

Selasa 27-08-2024,19:30 WIB
Reporter : Niskiah
Editor : Rahmat

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Sejumlah hewan peliharaan milik masyarakat Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) divaksin rabies, di halaman Gedung Olahraga (GOR) Biduk Kajang Kayuagung, Selasa 27 Agustus 2024.

Pelaksanaan vaksinasi rabies ini dilaksanakan oleh Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten OKI. 

Disbunnak menyiapkan 100 dosis vaksin rabies untuk hewan peliharaan masyarakat. Vaksin dilayani oleh sejumlah dokter hewan.

"Tadi ada puluhan masyarakat yang membawa hewan peliharaannya untuk divaksin rabies. Kita siapkan 100 dosis vaksin," terang Kepala Disbunnak Kabupaten OKI, Dedi Kurniawan SSTP MSi didampingi Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Sadi Purwanto SP MSi. 

BACA JUGA:Hari Peternakan Nasional, 100 Ekor Hewan Peliharaan Divaksin Rabies

BACA JUGA:Gratis! Disbunnak Gelar Vaksinasi Rabies Hewan Peliharaan

Diungkapkan Sadi, pelaksanaan vaksinasi rabies ini juga dalam rangka hari peternakan nasional dan juga bulan bakti rabies. Serta juga memeriahkan kegiatan program Peluncuran Genius di Kabupaten OKI oleh Badan Pangan Nasional. 

"Alhamdulillah tadi masyarakat yang membawa hewan peliharaannya cukup banyak," ucapnya, kepada SUMEKS.CO, Selasa 27 Agustus 2024.

Dikatakan Sadi, hewan peliharaan yang disuntik vaksin tadi ada kucing, anjing dan juga kera atau monyet. Petugas Disbunnak siap. Yakni dengan menyiapkan sejumlah dokter hewan dan para medik. Sehingga hewan-hewan peliharaan masyarakat baik kucing, anjing dan kera terlayani semuanya. 

Pelaksanaan vaksinasi rabies untuk hewan peliharaan masyarakat ini tidak dipungut biaya alias gratis.

BACA JUGA:Ratusan Hewan Peliharaan di Prabumulih Divaksin Anti Rabies Gratis, Pemilik Senang

BACA JUGA:Optimis 2024 Bebas Rabies, Pemkot Palembang Lakukan Gerakan 3 In 1

Salah satu pemilik hewan peliharaan kucing, Silvia menuturkan, ia sengaja membawa hewan kucing untuk vaksin rabies. Dengan alasan gratis dan vaksin rabies sangat penting bagi hewan peliharaan. 

"Saya ada tiga ekor hewan kucing dan semuanya divaksin rabies mumpung lagi rabies," ujarnya. 

Diungkapkan Sadi, Kabupaten OKI melalui Disbunnak setiap tahun menerima vaksin rabies dari Provinsi. Kemudian langsung didistribusikan ke kecamatan-kecamatan yang banyak Hewan Penular Rabies (HPR). 

Kategori :