Hari Peternakan Nasional, 100 Ekor Hewan Peliharaan Divaksin Rabies

Senin 26-08-2024,12:22 WIB
Reporter : Niskiah
Editor : Rahmat

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menargetkan sebanyak 100 ekor hewan peliharaan masyarakat di vaksin rabies. 

Dimana untuk pelaksanaan vaksinasi rabies untuk hewan peliharaan masyarakat ini diberikan secara gratis. Bertempat di Gedung Olahraga (Gor) Biduk Kajang Kayuagung.

"Besok giat vaksinasi rabies di Gor untuk hewan peliharaan kita menargetkan 100 ekor divaksin rabies," ujar Kepala Disbunnak Kabupaten OKI, Dedi Kurniawan SSTP MSi melalui Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Sadi Purwanto SP MSi. 

Dijelaskan Sadi, untuk pelaksanaan vaksinasi rabies untuk hewan peliharaan ini dilaksanakan dalam rangka hari peternakan nasional dan juga bulan bakti rabies. 

BACA JUGA:Ratusan Hewan Peliharaan di Prabumulih Divaksin Anti Rabies Gratis, Pemilik Senang

BACA JUGA:Optimis 2024 Bebas Rabies, Pemkot Palembang Lakukan Gerakan 3 In 1

Dimana kegiatan di GOR Biduk Kajang besok ada kegiatan lainnya juga. Yaitu adanya kegiatan dari Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura (KPTPH) Kabupaten OKI. 

"Vaksinasi rabies untuk hewan peliharaan ini dibuka Selasa 27 Agustus 2024, jadi kepada masyarakat dipersilakan datang bawa hewan peliharaan," jelas Sadi, kepada SUMEKS.CO, Senin 26 Agustus 2024.

Sadi mengatakan, pelayanan vaksinasi rabies ini pihaknya menyiapkan sejumlah dokter hewan dan para medik. Sehingga hewan-hewan peliharaan masyarakat baik kucing, anjing dan kera terlayani semuanya. 

"Hewan peliharaan yang dilakukan vaksinasi rabies ini adalah kucing, anjing juga kera atau monyet," ungkapnya. 

BACA JUGA:Biaya Nikah Anjing Setara 700 Vaksin Rabies atau Membantu Mengcover Biaya Kelahiran Cesar Selamatkan 50 Bayi

BACA JUGA:Alhamdulilah, Kabupaten Muara Enim Zero Kasus Rabies

Pelaksanaan vaksinasi rabies ini, masyarakat tidak perlu khawatir karena tidak dipungut biaya alias gratis 

"Jadi kepada masyarakat persiapkan hewan peliharaannya untuk divaksin rabies besok dan gratis," ucapnya. 

Diungkapkan Sadi, Kabupaten OKI melalui Disbunnak setiap tahun menerima vaksin rabies dari Provinsi. Kemudian langsung didistribusikan ke kecamatan-kecamatan yang banyak Hewan Penular Rabies (HPR). 

Kategori :