Kampanyekan He For She, Kapolda Sumsel Raih Juara Awarding Day Kreasi Setapak Perubahan Polri

Sabtu 24-08-2024,11:30 WIB
Reporter : edho
Editor : Edward Desmamora

JAKARTA, SUMEKS.CO - Atas prestasi dan gebrakan di berbagai bidang untuk kesetaraan gender di lingkungan Polda, Kapolda Sumsel Irjen A Rachmad Wibowo berhasil menyabet penghargaan Kapolri.

Kapolda Sumsel meraih Juara II pada ajang “Awarding Day Lomba Kreasi Setapak Perubahan Polri Tahun 2024” dalam rangka hari Bhayangkara ke 78 di The Tribrata Hotel Jakarta, Jumat malam 23 Agustus 2024.

“Kampanye ‘He For She’ hadir sebagai gerakan solidaritas global yang mengajak  seluruh masyarakat, khususnya kaum laki laki, untuk bersama-sama memperjuangkan kesetaraan gender. Gerakan yang diinisiasi oleh PBB ini ssjatinya bertujuan untuk menciptakan dunia yang adil dan setara bagi semua orang, tanpa diskriminasi berdasarkan jenis kelamin,” ujar Irjen Rachmad Wibowo.

Di dunia kepolisian, mantan Dir Siber Bareskrim Polri tersebut menjelaskan, menjalani profesi yang didominasi oleh kaum pria yang lekat dengan kata maskulinitas dan bahaya, merupakan tantangan luar biasa bagi seorang polisi wanita. 

BACA JUGA:Film Pendek 'Bakar Hutan Pacak Tebuang’ Ciptaan Polda Sumsel Raih Juara Lomba Setapak Perubahan Polri

BACA JUGA:Ayo, Ikuti Lomba Setapak Perubahan HUT Bhayangkara ke-78, Terbuka untuk Umum

“Namun, apabila semua umat manusia menyadari betapa besarnya manfaat kesetaraan gender dalam pelaksanaan tugas kepolisian, maka cita cita Polri untuk memajukan hak hak perempuan pasti dapat diwujudkan. Komitmen inilah yang saya pegang sejak pertama kali datang di Polda Sumatera Selatan,” akunya.

Dirinya berprinsip, dengan melibatkan peran aktif para personel dilingkungan Polda Sumsel, maka upaya peningkatan partisipasi dan pemberdayaan perempuan dikepolisian dapat semakin diperkuat dan berkelanjutan.


Kapolda Sumsel Irjen A Rachmad Wibowo berhasil menyabet penghargaan.-Foto: dokumen/sumeks.co-

Alumni Akpol tahun 1993 tersebut menilai, dengan adanya pengesahan Peraturan Kapolri Nomor 1 tahun 2022 tentang Pengarusutamaan Gender di lingkungan Polri dapat meningkatkan semangat Polwan untuk memberikan pengabdian dan kontribusi lebih dalam pembangunan nasional. 

Irjen Rachmad berpengalaman dalam bidang reserse tersebut tak segan memberikan penghargaan kepada Polwan berprestasi dalam mengungkap berbagai kasus kejahatan seperti pengungkapan ladang ganja, penggagalan penyelundupan benih lobster, illegal logging serta pengungkapan sejumlah kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak. 

BACA JUGA:Kapolda Sumsel Atensi Pengobatan Anak Salah Satu Korban Robohnya Jembatan Lalan yang Dihantam Tongkang

BACA JUGA:Kapolda Sumsel Bersama Forkompimda Saksikan Detik-Detik HUT Kemerdekaan RI ke-79

Selain itu, perhatian besar diberikannya kepada Polwan yang berprestasi di bidang opsnal, staf, atlet dan keahlian khusus di luar kedinasan. 

Mencermati berbagai kiprah Polwan, Rachmad Wibowo juga tak ragu menempatkan Polwan untuk mengemban sejumlah jabatan strategis di wilayah hukum Polda Sumatera Selatan. 

Kategori :