Kemenkumham Babel Raih Peringkat Kedua Terbaik di JDIHN Nasional 2024: Bukti Dedikasi dan Inovasi

Jumat 23-08-2024,18:00 WIB
Reporter : Rahmat
Editor : Rahmat

Ia berharap, prestasi yang diraih dapat menjadi inspirasi bagi anggota JDIHN lainnya untuk terus meningkatkan pengelolaan JDIH di satuan kerja masing-masing.

BACA JUGA:Samsung Galaxy S24 FE Semakin Dekat untuk Meluncur, Cek Detail Bocoran Terkini?

BACA JUGA:Jual Sabu Senilai Rp100 Juta ke Polisi yang Nyamar, Bandar di Sungai Menang OKI Ditangkap

Acara yang diselenggarakan oleh Pusat JDIHN dari Badan Pembinaan Hukum Nasional ini dihadiri oleh 759 peserta dari berbagai instansi dan lembaga pengelola JDIHN.

Mereka bersama-sama mengedepankan keterbukaan informasi hukum kepada masyarakat, sesuai dengan standar pengelolaan yang diatur dalam Permenkumham Nomor 8 Tahun 2019 tentang Standar Pengelolaan JDIHN.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Fajar Sulaeman Taman, menyampaikan bahwa pengelolaan JDIH di Kanwil Kemenkumham Babel meliputi beberapa aspek penting, di antaranya Monografi Hukum, Produk Hukum Tingkat Daerah, dan Artikel Hukum.

Penilaian terhadap pengelolaan JDIH dilakukan berdasarkan tujuh aspek dan bobot yang telah ditetapkan, yaitu Organisasi/Kelembagaan, Sumber Daya Manusia, Koleksi Dokumen Hukum, Teknis Pengelolaan, Sarana Prasarana, Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), serta Inovasi.

BACA JUGA:Kapal Motor Pengangkut Barang Tenggelam Saat Bersandar di Dermaga Pasar 16 Ilir Palembang

BACA JUGA:Review Hp Huawei Nova 6 5G Menawarkan Performa Tinggi dengan Desain Premium

“Terdapat 7 aspek dan bobot penilaian pada pengelolaan JDIH yang diturunkan pada 32 indikator yang dinilai,” ujar Fajar.

Kakanwil Kemenkumham Babel, Harun Sulianto, menyatakan bahwa penghargaan yang diterima oleh Kanwil Kemenkumham Babel akan menjadi pendorong semangat bagi jajarannya serta Pemerintah Daerah (Pemda) untuk lebih inovatif dalam pengelolaan JDIH di Babel.

Ia menekankan pentingnya terus berinovasi agar pengelolaan dokumentasi dan informasi hukum di wilayah Babel semakin maju dan memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat.

Dalam acara ini, hadir pula sejumlah pejabat dari Kanwil Kemenkumham Babel, termasuk Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Fajar Sulaeman Taman, Kepala Bidang Hukum Eko Saputro, Kepala Subbidang Luhkum, Bankum, dan JDIH M. Ariyanto, serta Kepala Subbidang AHU M. Bangbang.

BACA JUGA:Temui PT KAI, Pj Bupati Dorong Pembangunan Jembatan Layang Gelumbang dan Bantaian Selesai Tepat Waktu

BACA JUGA:Tidak Sesuai RAB, Ahli Sebut Bangunan USB SMA 2 Buay Pemaca OKU Selatan Berisiko Roboh

Keberhasilan Kanwil Kemenkumham Babel meraih penghargaan JDIHN Terbaik II Tahun 2024 ini diharapkan dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi instansi lainnya dalam mengelola JDIH dengan lebih baik lagi.

Kategori :