Kapolres OKI AKBP Hendrawan Susanto Pimpin Upacara Peringatan Hari Juang Polri

Kamis 22-08-2024,07:16 WIB
Reporter : Niskiah
Editor : Edward Desmamora

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Pada peringatan Hari Juang Polri, Polres OKI melaksanakan upacara dipimipin langsung oleh Kapolres OKI, AKBP Hendrawan Susanto SH SIk.

Pelaksanaan upacara Hari Juang Polri 2024 itu digelar di halaman Mapolres OKI, Rabu 21 Agustus 2024 yang diikuti oleh seluruh anggota Polres OKI. 

Kapolres OKI bertindak sebagai inspektur upacara yang dihadiri oleh seluruh Pejabat Utama (PJU) Polres OKI, Aparatur Sipil Negara (ASN) Polri. 

Dalam sambutannya, bahwa sejarah singkat penetapan Hari Juang Polri, berawal dari setelah Proklamasi Kemerdekaan RI yang dikumandangkan pada tanggal 17 Agustus 1945.

BACA JUGA:79 Tahun Mengabdi, Kemenkumham Sumsel Gelar Upacara Peringatan HUT Pengayoman ke-79 di Lapas Kelas I Palembang

BACA JUGA:Suasana Khidmat dan Semangat Warnai Upacara Peringatan Hari Pengayoman ke-79 di Lapas Narkotika Muara Beliti

Dimana PPKI melaksanakan sidang kedua pada tanggal 19 Agustus 1945, yang membahas tentang pembagian Provinsi, pembentukan Komite Nasional Daerah, penetapan 12 Departemen dan berdasarkan usul Oto Iskandar Dinata. 

Lalu menetapkan status Polisi supaya segera dimasukkan ke dalam kekuasaan pemerintah Indonesia.

Menyikapi hal tersebut, pada tanggal 20 Agustus 1945 Inspektur Polisi Kelas I Muhammad Jasin sebagai Komandan Polisi Istimewa Surabaya bersama dengan beberapa anggota melaksanakan rapat untuk membahas kedudukan Polisi pasca proklamasi Kemerdekaan RI.

"Dari hasil pertemuan tersebut disepakati bahwa pada tanggal 21 Agustus 1945 Polisi menyatakan sikap kesetiaannya kepada negara Republik Indonesia dengan menyusun teks Proklamasi Polisi," jelas Kapolres. 

BACA JUGA:Pesona Baamar Galung Pancar Matahari, Menteri AHY Tampil Memukau di Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI

BACA JUGA:Wakapolda Sumsel Pimpin Upacara Pengibaran Bendera HUT Kemerdekaan RI ke-79

Pada tanggal 21 Agustus 1945 Inspektur Polisi Kelas I Muhammad Jasin pimpin apel pagi di halaman Markas Polisi Istimewa Surabaya, dan membacakan teks Proklamasi Polisi yang diikuti oleh seluruh anggota. 

Yaitu memberikan perintah agar melaksanakan pawai siaga untuk menunjukkan kekuatan dan kesiapan tempur menghadapi reaksi Jepang serta menempelkan pamflet Proklamasi Polisi.

Dimana, lanjutnya, peristiwa tersebut merupakan momentum penting, yang dapat memicu semangat anggota Polisi untuk mendukung dan mempertahankan Kemerdekaan RI.

Kategori :