Gerakan Pramuka OKI Diajak Aktif dalam Kegiatan Sosial untuk Kesejahteraan Masyarakat

Rabu 14-08-2024,18:20 WIB
Reporter : Niskiah
Editor : Rahmat

"Gerakan Pramuka memberikan pendidikan life skill, soft skill, hard skill, serta dilengkapi dengan kecerdasan spiritual, emosional, sosial, intelektual, dan fisik," tambahnya.

BACA JUGA:Review Oppo Reno3 Pro 5G Bawa Desain Elegan dan Premium, Pilihan HP Kelas Menengah dengan Dapur Pacu Mumpuni

BACA JUGA:Cuma Scroll Video di Tiktok, Saldo DANA Rp100 Ribu Cair ke Dompet Digital, Begini Caranya

Lebih lanjut, Lubis menambahkan bahwa Gerakan Pramuka memiliki peran penting dalam membentuk postur ideal seorang Pramuka sebagai agen perubahan, terutama bagi pemuda di Kabupaten OKI.

Ia menekankan pentingnya digitalisasi dalam menarik minat generasi muda terhadap Pramuka, salah satunya melalui aplikasi "Ayo Pramuka" yang diluncurkan oleh Kwartir Nasional.

"Kita bersyukur bahwa Kwarnas telah meluncurkan super apps bernama Ayo Pramuka. Aplikasi ini bertujuan untuk mendekatkan Pramuka kepada para peserta didik dan memastikan bahwa mereka merasa menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Gerakan Pramuka," ujar Lubis, mengutip pernyataan dari Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Barat, Atalia Kamil, yang juga disampaikan dalam peringatan Hari Pramuka ke-63 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur.

Pada kesempatan yang sama, Atalia Kamil menegaskan pentingnya pendekatan yang solutif dan adaptif dalam mendekatkan Pramuka kepada para peserta didik.

BACA JUGA:Alasan Suami KDRT ke Cut Intan Nabila, Gegara Ketahuan Nonton Video Uh Ah, Polisi Ragukan Pengakuan Armor

BACA JUGA:SIAP, 76 Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di Ibu Kota Nusantara, Berikut Nama dan Asal Sekolahnya

Ia menyebut bahwa keterlibatan Pramuka dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan, termasuk selama masa pandemi COVID-19, sangat penting dalam menumbuhkan rasa kepedulian dan kebersamaan.

"Kemarin, saat pandemi COVID-19, Pramuka hadir sebagai garda terdepan di masyarakat, melakukan sosialisasi, edukasi, dan membantu penyemprotan serta pembagian alat-alat kesehatan," jelas Atalia.

Sementara itu, Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Jawa Timur, HM Arum Sabil, menambahkan pentingnya Gerakan Pramuka dalam mendidik anak-anak menjadi mandiri dan siap menghadapi segala kemungkinan, termasuk bencana alam.

Dengan berbagai pelatihan yang diberikan, Pramuka diharapkan mampu bertahan hidup dan membantu masyarakat saat terjadi bencana.

BACA JUGA:Ada Nama Elkan Baggott dan Jens Raven! Prediksi Pemain Timnas Indonesia Vs Arab Saudi, Kualifikasi Piala Dunia

BACA JUGA:Hadiri Sidang Kabinet Perdana di IKN: Semangat Lanjutkan Pembangunan

Kegiatan apel besar Pramuka di Kabupaten OKI ini diharapkan menjadi momentum untuk memperkuat peran Pramuka dalam pengabdian masyarakat, serta mempersiapkan generasi muda yang siap menghadapi tantangan zaman dengan keterampilan dan kecerdasan yang lengkap.

Kategori :