Momentum Bersejarah! Meriahkan HUT RI ke-79, Paskibraka Mulai Berangkat ke IKN, Kibarkan Sang Saka Merah Putih

Sabtu 10-08-2024,09:18 WIB
Reporter : Niskiah
Editor : Rahmat

SUMEKS.CO - Pelaksanaan peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) semakin dekat, dimana diperingati 17 Agustus 2024. Mendekati HUT RI tersebut, petugas Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) mulai diberangkatkan menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) di Provinsi Kalimantan Timur. 

Petugas paskibraka tersebut, mulai diberangkatkan, Jumat 9 Agustus 2024, guna persiapan upacara HUT ke-79 Republik Indonesia tahun ini. 

Adapun jumlah petugas yang diberangkatkan sebanyak 76 anggota Paskibraka. Kesemuanya diberangkatkan dari Terminal 3 Domestik Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Yakni menggunakan maskapai Garuda Indonesia. Keberangkatan mereka dibagi menjadi dua kelompok terbang (kloter).

BACA JUGA:Pemerintah Bentuk Satgas untuk Tingkatkan Layanan Investasi di IKN

BACA JUGA:Pasca Disebut Markas Batman, Kini Muncul Penampakan Desain Awal Istana Presiden di IKN, Realita Selalu Beda

Dikutip berbagai sumber, untuk kloter kedua tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 11.50 WIB. Anggota paskibraka itu terlihat menggunakan seragam, jaket merah putih dan topi hitam. 

Anggota Paskibraka berbaris rapi menuju area keberangkatan, dijadwalkan terbang pada pukul 17.10 WIB dengan nomor penerbangan GA5762, dan tiba pada pukul 20.05 WITA di Bandara Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Sementara itu, untuk kloter pertama telah berangkat lebih awal pada pukul 14.30 WIB dengan nomor penerbangan GA572 dan tiba di Balikpapan pada pukul 17.34 WITA.

Berdasarkan informasi dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Paskibraka akan menyambut kedatangan kirab Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi dari Jakarta pada Sabtu, 10 Agustus 2024 hari ini. 

BACA JUGA:Garuda Tambah Penerbangan ke IKN, Antisipasi Lonjakan Pemudik Jelang HUT RI ke-79

BACA JUGA:IKN Jadi Sorotan: Absennya Beberapa Menteri di Upacara HUT RI ke-79

Selanjutnya, Paskibraka akan dikukuhkan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Garuda IKN pada 13 Agustus 2024.

Dimana sebelumnya, Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) sekaligus Pengarah Program Paskibraka Tingkat Pusat, Dr Rima Agristina SH SE MM menjelaskan, berbagai persiapan jelang pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional/Tingkat Pusat 2024 di Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Persiapan ini guna pemantapan formasi pengibaran bendera pusaka juga dilengkapi dengan latihan gabungan bersama Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). 

Kategori :