Heboh, Bendera Pusaka Merah Putih di Museum Perjuangan Bogor Kondisinya Memperihatinkan

Jumat 09-08-2024,12:23 WIB
Reporter : Fadly
Editor : Edward Desmamora

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Akun media sosial (medsos) Johnny Pinot, mengunggah sebuah video menampilkan bendera pusaka merah putih yang disimpan di museum perjuangan Bogor kondisinya sangat memprihatinkan.

Bendera pusaka merah putih, yang dilihat dari unggahan video Jumat 9 Agustus 2024 disimpan dalam satu lemari kaca tampak usang tidak terawat meski berada dalam museum.

Kondisi tidak terawatnya bendera pusaka merah putih itu disebutkan dalam unggahan lantaran lemari kaca tempat menyimpan mengalami kebocoran air saat hujan.

Sehingga, kondisi bendera pusaka merah putih itu terlihat telah rusak dikarenakan lapuk dimakan rayap karena tidak dirawat dengan baik.

BACA JUGA:Sekda Sumsel Terima Duplikat Bendera Pusaka HUT RI Ke-79 dari BPIP RI: Simbol Semangat Kemerdekaan

BACA JUGA:Sejarah Terbentuknya Pasukan Pengibar Bendera Pusaka, yang Selalu Eksis Pada Peringatan Kemerdekaan RI

"Bendera itu masih ada dan merana, tergeletak lapuk dimakan rayap dalam lemari kaca yang kebocoran air hujan," tulis thumbnail unggahan video yang memperlihatkan kondisi bendera pusaka merah putih yang rusak itu.

"Kunci lemarinya sudah lama hilang, supaya tidak tambah rusak, kami putuskan untuk membongkar lemari, dan memindahkan bendera ke kotaknya," tulisnya lagi.


--

Terlihat jelas, bendera pusaka merah putih itu saat hendak diangkat untuk dipindahkan ke kotaknya terlihat sangat rapuh dan sebagian lain bendera sedikit terlepas.

Ada juga, bagian dari tali pengikat bendera pusaka merah putih berbahan kain sudah rapih dan sudah terlepas.

BACA JUGA:Memaknai Perjuangan Fatmawati Soekarno di Spesial Hari Ibu, Menjahit Bendera Pusaka Ketika Hamil Tua

BACA JUGA:Lega usai Kibarkan Bendera Pusaka

Terdapat secarik kertas tulisan usang, juga turut dimasukkan bermasalah bendera yang rusak didalam kotak.

Masih dari video berdurasi 1 menit 7 detik, juga memperlihatkan kondisi dalam dan luar gedung museum perjuangan Bogor yang memang nampak tidak terawat.

Kategori :