Kemenkumham Sumsel Ungkap Penyebab Kematian Tahanan Rutan Kelas I Palembang

Kamis 08-08-2024,17:06 WIB
Reporter : Rahmat
Editor : Rahmat

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan, Dr. Ilham Djaya, mengkonfirmasi terkait meninggalnya seorang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) berinisial I (22) di Rutan Kelas I Palembang.

Berita duka ini disampaikan setelah mendapatkan laporan resmi dari Kepala Rutan Palembang.

Menurut Kakanwil Ilham Djaya, berdasarkan laporan tersebut, Almarhum telah beberapa kali berobat dan ditangani oleh dokter di Rutan Pakjo sebelum dinyatakan meninggal oleh pihak rumah sakit.

“Terakhir pada 6 Agustus, almarhum berobat ke klinik rutan dengan keluhan demam dan gatal-gatal. Dokter telah melakukan pemeriksaan dan memberikan obat sesuai terapi untuk kemudian diobservasi di dalam huniannya,” ungkap Ilham, Kamis 8 Agustus 2024.

BACA JUGA:Dirut Bukit Asam Arsal Ismail Raih Penghargaan Industry Marketing Champion Sumsel

BACA JUGA:Kemenkumham dan Pemda Bersatu, Kolaborasi Jitu Tingkatkan Kesadaran Hukum

Ilham Djaya menjelaskan lebih lanjut bahwa pada tanggal 8 Agustus pukul 00.15 WIB, petugas pengamanan menerima laporan bahwa WBP tersebut tidak sadarkan diri.

“Petugas segera membawa yang bersangkutan ke RS Siti Khadijah Palembang untuk penanganan lebih lanjut. Namun, sayangnya, ia dinyatakan meninggal dunia pada pukul 00.30 WIB,” kata Ilham.

Kepala Rutan Kelas I Palembang, David Rosehan, menambahkan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan Kejaksaan Negeri Palembang terkait pelaksanaan serah terima jenazah kepada pihak keluarga.

"Kami telah memastikan semua prosedur berjalan dengan baik dan berkomunikasi dengan pihak keluarga almarhum untuk proses pemulangan jenazah," tambah David.

BACA JUGA:Suami Laporkan Istri Pakai Bukti Foto Pelukan Sama Selingkuhan dan Chatingan Mesra Malah Jadi Tersangka

BACA JUGA:Antisipasi Kesalahan Saat Penanganan di TKP, Polres Ogan Ilir Gelar Coaching Clinic untuk Personel Reskrim

Dalam kesempatan yang sama, Dr. Ilham Djaya juga menyampaikan bela sungkawa yang mendalam atas meninggalnya WBP di Rutan Palembang.

Ia memastikan bahwa selama menjalani masa tahanan, semua warga binaan telah mendapatkan pelayanan kesehatan yang optimal sesuai dengan prosedur yang berlaku.

“Kami turut berduka cita atas meninggalnya almarhum. Kami juga memastikan bahwa selama berada di Rutan, pelayanan kesehatan sudah diberikan secara maksimal,” tegas Ilham.

Kategori :