Mengenal Suku Rejang, Suku Tertua di Sumatera Konon Berasal dari Mongolia

Selasa 06-08-2024,11:00 WIB
Reporter : Fadly
Editor : Edward Desmamora

Sebelum ke Pulau Sumatera, konon nenek moyang Rejang diperkirakan singgah sekian lama di Kalimantan (Sarawak), sebelum kemudian menyeberang ke Pulau Sumatra melalui Bangka dan mendarat di Sungai Musi. 

BACA JUGA:Viral, Penampakan Suku Togutil di Hutan Halmahera Mendekati Para Pekerja Proyek Untuk Meminta Makanan

BACA JUGA:Menjelajahi Tradisi Mappasau Kapal Tongkang: Ritual Pelepasan Calon Haji Suku Bugis di Banyuasin

Masih dalam unggahan yang dituliskan, menurut A. Samid Said dan Dicky Darmawan Butto dalam buku karya Zulman Hasan yang berjudul Anok Kutai Rejang, istilah Rejang bersumber dari Rhe Jang Hyang, yakni nama seorang leluhur suku ini yang berasal dari Mongolia. 

Disebutkan bawah pada tahun 2090 SM, Rhe Jang Hyang dan kelompoknya mendirikan sebuah perkampungan yang bernama Kutai Nuak di daerah Napal Putih, Bengkulu Utara.

Setelah mencapai wilayah Rejang yang sekarang, Kehidupan mereka bercirikan seminomaden, mengumpulkan makanan atau meramu, dan sifatnya genealogis. 

Kemudian seiring semakin majunya masyarakat, ciri kehidupan seminomaden masih berlangsung dan perlahan-lahan menghilang. 

BACA JUGA:Keajaiban Tato Suku Mentawai, Jejak Sejarah dan Filosofi Sebagai Tato Tertua di Dunia

BACA JUGA:Inilah Para Leluhur Pelindung Suku Dayak, No 3 Penyebar Maut

Kegiatan mengumpulkan makanan mulai berganti dengan perladangan dan akhirnya persawahan, keluarga luas mulai terkonsep dan dikenal dengan sebutan pêtulai.

Suku Rejang banyak tersebar dan mendiami di wilayah Bengkulu dan Sumatera Selatan, pada wilayah yang sehari-hari dikenal sebagai Taneak Jang yang artinya Tanah Rejang.

Masyarakat Rejang di Provinsi Bengkulu mendiami bekas wilayah Onderafdeling Lais (Rejang Pesisir), serta Lebong dan Redjang (Rejang Pegunungan).

Onderafdeling sendiri merupakan suatu wilayah yang kalau sekarang setingkat diatas Kecamatan dan dibawah Kabupaten.

BACA JUGA:Netizen Penasaran Siapa Pekerja Tambang Gandeng 3 Orang Suku Togutil Asli Keluar Dari Hutan Rimbanya?

BACA JUGA:Amazing, Suku Baduy Bangun Jembatan Gantung Kokoh Hanya Dari Batang Bambu, 2 Hari Gotong Royong Tuntas!

Sementara itu, di Sumatera Selatan masyarakatnya yang masih beridentitas Rejang bermukim di sebagian kecil dari bekas wilayah Onderafdeling Rawas. 

Kategori :