Bikin Merinding, Sosok 'Kuyang' Digigit Anjing Terekam CCTV Warganet Malah Bilang Ini

Sabtu 03-08-2024,16:38 WIB
Reporter : Fadly
Editor : Edward Desmamora

Saat menjadi kuyang dia akan berubah wujud dengan  melepaskan dan meninggalkan  tubuh lainnya sehingga tinggal menyisakan kepala, usus, jantung dan hati.

Biasanya saat ‘beroperasi’  kuyang akan berwujud seperti cahaya api berwarna merah menyala dan melesat dengan cepat di langit dalam  kegelapan malam.

Dalam mitos  yang berkembang di Pulau Kalimantan, pada sekitar  tahun 1970-1980 , hantu kuyang ini sangat ditakuti masyarakat terutama oleh ibu hamil.

BACA JUGA:Dulu Kasus Nendang Sesajen Kencang Teriak Radikal, Sekarang Adat Jawa Dipakai Nikahan Anjing Semuanya Mingkem!

BACA JUGA:Pernikahan Anjing Fenomena Dunia Kapitalis, Orang Menciptakan Sensasi Baru Tanpa Memandang Perasaan Orang Lain

Konon hantu ini akan menghisap darahnya sehingga anak yang dikandungnya akan meninggal dunia.

Karena itu sebagai antisipasi, biasanya ibu hamil akan dibekali seperti gunting, cermin kecil, surah yasin berbentuk buku kecil hingga daun jeringau.

Daun ini diyakini sebagai penangkal gangguan mahluk halus. Tumbuhan jeringau merupakan tanaman hias yang daunnya berbentuk panjang berwarna hijau mirip dengan bentuk daun pandan.

Biasanya ditanam masyarakat Kalimantan didalam pot dan diletakan di depan teras rumah mereka sebagai penangkal dari mahluk halus.

BACA JUGA:Nikahan Anjing Pakai Adat Jawa Merendahkan Budaya Sakral, Pria Ini Mohon Sesepuh Jawa Tindak Oknum Kaya Ini

BACA JUGA:Pernikahan Anjing Fenomena Dunia Kapitalis, Orang Menciptakan Sensasi Baru Tanpa Memandang Perasaan Orang Lain

Benda-benda ini biasanya dimasukan dalam plastik kecil dan dimasukan kedalam tas yang wajib dibawa  kemana-mana. Sedangkan pada saat beristirahat,  maka akan ditaruh dibawah bantal ibu hamil.

Tak hanya itu pada kaki wanita hamil juga biasanya akan dililitkan benang hitam yang sudah ada ‘isinya’ yang dipercaya sebagai sarana pengusir hantu.

Budaya ini  hingga sekarang  masih tetap dilakukan dikalangan ibu hamil di Kalimantan sebagai Langkah antisipasi dari gangguan makhluk halus.

Kategori :