40 Capaska OKI Ikuti Pemusatan Latihan, Siap Kibarkan Bendera Merah Putih

Rabu 31-07-2024,18:07 WIB
Reporter : Niskiah
Editor : Rahmat

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Sebanyak 40 orang Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Capaska) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) mulai masuk ke tempat pemusatan Pendidikan dan Pelatihan. 

Yakni, di Hotel Cipta Kayuagung. Dimana pemusatan pelatihan dimulai tanggal 29 Juli sampai dengan Pengibaran Bendera 17 Agustus 2024 mendatang. 

Kegiatan tersebut ditandai dengan pelaksanaan upacara Tantingan Memasuki Perkampungan Desa Bahagia Paskibraka Duta Pancasila 2024. 

Dimana sebanyak 40 Capaska setelah melakukan registrasi, lalu membawa koper, tas dan ember menuju Hotel Cipta Kayuagung, tempat mereka tinggal selama 2 minggu. 

BACA JUGA:Kesbangpol OKU Timur Mulai Seleksi Capaska 2024

BACA JUGA:Persiapan Maksimal! IKN Nusantara Siap Jadi Tuan Rumah Upacara HUT RI ke-79

Pj Bupati OKI melalui Kaban Kesbangpol Irawan Sulaiman menjelaskan bahwa dari 40 orang tersebut terdiri dari putra-putri terbaik Kabupaten OKI dari seluruh kecamatan yang ada di OKI. 

“40 orang ini berasal dari berbagai SMA di 18 kecamatan yang ada di OKI, mereka adalah putra-putri terbaik yang dimiliki Kabupaten OKI," ujarnya, Rabu, 31 Juli 2024.

Disampaikan Irawan, pihaknya sangat berharap, mereka dapat mengikuti pelatihan dengan baik dan sukses dalam upacara pengibaran serta penurunan 17 Agustus 2024 mendatang. 

Diungkapkan Irawan, selama mengikuti pemusatan pelatihan, para capaska akan dikenalkan dengan lingkungan yang dinamai Kampung Desa Bahagia, dimana semuanya akan dididik berdasarkan nilai-nilai Pancasila. 

BACA JUGA:Sebelum HUT RI ke-79, Lapangan Upacara di IKN Jadi Tuan Rumah Zikir Nasional

BACA JUGA:Jelang HUT RI ke-79, Kecamatan Lempuing OKI Mulai Seleksi Anggota Paskibraka

“40 Capaska ini, akan masuk ke kampung desa bahagia. Maka peserta wajib melakukan interaksi sosial dengan sesama peserta dan panitia dengan bahagia dan menerapkan nilai Pancasila," bebernya.

Selain di Hotel Cipta, para Capaska juga akan mengikuti pelatihan di halaman Kantor Bupati OKI. Yaitu untuk melatih mental dan fisik serta baris berbaris. 

"Pemusatan pelatihan ini bertujuan untuk melatih fisik dan mental calon Paskibraka yang akan bertugas sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Merah Putih pada peringatan HUT kemerdekaan Indonesia ke 79 tingkat Kabupaten OKI pada tanggal 17 Agustus 2024 mendatang," terangnya. 

Kategori :